ADVERTISEMENT

Pemerintah Sebut Protokol Kesehatan Bisa Gerakkan Ekonomi UKM

Sabtu, 31 Oktober 2020 18:12 WIB

Share
Pemerintah Sebut Protokol Kesehatan Bisa Gerakkan Ekonomi UKM

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Pemerintah mengimbau kepada seluruh pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Dengan demikian, aktivitas ekonomi yang dijalankan tidak mendorong penambahan jumlah kasus positif Covid-19.

"Sekarang yang kita perlukan adalah melakukan kegiatan ekonomi tersebut, jangan sampai menimbulkan kasus," kata Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta.

Baca juga: Protokol kesehatan di Rest Area Harus Diawasi Ketat Saat Arus Balik

Ia mengatakan pandemi Covid-19 merupakan bencana non-alam yang mendera tidak hanya masyarakat Indonesia, tetapi juga masyarakat dunia. Oleh karena itu, setiap orang diharapkan bisa beradaptasi.

Delapan bulan sejak kasus pertama ditemukan, menurutnya, merupakan waktu yang cukup lama bagi pemerintah dan masyarakat untuk bisa menyesuaikan diri dan mengatur strategi untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Untuk itu, Wiku menilai bahwa penerapan protokol kesehatan harus benar-benar dilaksanakan dengan disiplin, sehingga masyarakat maupun pelaku UMKM tetap dapat menjalankan aktivitas mereka tanpa khawatir tertular Covid-19.

Baca juga: Satpol PP Ciracas Terus Ingatkan Warga Patuhi Protokol Kesehatan

"Nah, mari kita latihan beradaptasi melakukan itu secara bertahap, tapi secara disiplin," katanya.

Ia mencontohkan salah satu aktivitas ekonomi di pasar. Wiku mengatakan bahwa pasar merupakan tempat bagi masyarakat untuk membeli kebutuhan mereka sehari-hari.

Dengan Gerakan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun, potensi penularan Covid-19 bisa ditekan.

Langkah itu lebih efektif mencegah penularan jika dilakukan secara kolektif. "Jadi adaptasinya bukan adaptasi individu, melakukan 3M, protokol kesehatan, tetapi juga adaptasi dalam menjalankan kegiatan ekonominya," kata Wiku.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT