ADVERTISEMENT

Perluas Pemberdayaan Peternak Mustahik di Rembang, Ini Target BAZNAS

Rabu, 28 Oktober 2020 15:20 WIB

Share
Perluas Pemberdayaan Peternak Mustahik di Rembang, Ini Target BAZNAS

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memperluas pemberdayaan peternak mustahik (penerima zakat), kali ini di Rembang, Jawa Tengah. Program pemberdayaan ini ditargetkan dapat diikuti peternak mustahik 45 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah ternak sebanyak 225 ekor.

Dalam pemberdayaan peternak ini, kali ini BAZNAS bekerja sama dengan KSPPS BMT Bina Umat Sejahtera (BUS). Hadir dalam acara kerja sama itu Pjs Bupati Rembang Imam Masker, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Irfan Syauqi Beik, Kepala Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS, Ajat Sudarjat, Ketua Pengurus BMT Bina Umat Sejahtera, KH Abdullah Yazid, serta perwakilan peternak mustahik yang digelar secara online dan offline,  Rabu (28/10/2020).

Balai Ternak ini merupakan program pemberdayaan peternak mustahik yang terbentuk dengan nama kelompok peternak “Mendo Manbumi”. Kelompok ini memiliki jumlah peternak mustahik sebanyak 30 KK yang tersebar di tiga dukuh, yaitu Dukuh Mlayang, Dukuh Dukuhan dan Dukuh Ringin Desa Ringin Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Baca juga: Baznas Luncurkan Buku Pemberdayaan Peternak Mustahik

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Irfan Syauqi Beik dalam sambutannya menyampaikan komitmen sinergi BAZNAS dengan BMT Bina Umat Sejahtera adalah dalam upaya membantu kesejehteraan peternak mustahik serta mengembangkan potensi penternakan di daerah.

"Ini adalah bagian dari perwujudan BAZNAS dan BMT BUS untuk berkontribusi secara aktif dalam upaya memperkuat ketahanan pangan khususnya dalam penyediaan daging ternak," ujar Irfan.

Ketua Pengurus BMT Bina Umat Sejahtera, KH Abdullah Yazid  menambahkan Balai Ternak BAZNAS nantinya diharapkan dapat mengembangkan potensi kekayaan di desa agar dapat membantu mensejahterakan masyarakat.

Baca juga: Mustahik di Jakarta Barat dapat Bantuan dari Baznaz

Sementara itu, Pjs Bupati Rembang Imam Maskur mewakili pemerintah daerah menyampaikan apresiasinya kepada BAZNAS dan BMT Bina Umat Sejahtera atas kerjasama yang terjalin dalam program Balai Ternak BAZNAS.

“Semoga para petani yang menjadi penerima manfaat dari program ini dalam kedepannya bisa bertransformasi menjadi muzakki. Diharapkan program Balai Ternak BAZNAS mampu memaksimalkan kebermanfaatan zakat dan mendukung ketersediaan daging di Kabupaten Rembang,” ujarnya. (johara/ys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT