ADVERTISEMENT

Baznas Luncurkan Buku Pemberdayaan Peternak Mustahik

Jumat, 16 Oktober 2020 21:35 WIB

Share
Baznas Luncurkan Buku Pemberdayaan Peternak Mustahik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan buku pemberdayaan peternak mustahik (penerima zakat). Buku diharapkan bisa menjadi panduan bagi mereka dalam beternak.

Digelar secara online melalui kanal youtube BAZNAS TV, Jumat, (16/10) hadir dalam acara tersebut, Anggota Baznas, Ir. Nana Mintarti, MP, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian RI, Ir. Sugiono, MP, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Dr Irfan Syauqi Beik PhD, Kepala Lembaga Program Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) Baznas, drh. Ajat Sudarjat, Pendamping Program Balai Ternak Baznas, Indra Sofwatama, S.Pt dan Gagan Setiawan, S.Pt.

Dalam sambutannya, Nana Mintarti mengatakan bahwa pemberdayaan peternak adalah konsep yang fundamental yang bisa mendorong berjalannya program dengan baik serta memberikan kontribusi terhadap peningkatan ekonomi mustahik.

Baca juga: Baznas Meraih Penghargaan BNPB, Membantu Pengurangan Resiko Bencana

“Diharapkan bagi teman-teman pendamping dengan adanya buku ini dapat menjadi pegangan menjalankan program sehingga terwujudnya aspek kelembagaan peternak, basis perubahaan sosial, kontribusi secara nasional, dan semua peternak dapat akses yang sama baik keilmuan, sosial, dan kelembagaan,” ujarnya.

 Sementara itu, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian RI, Sugiono menyampaikan apresiasinya kepada Baznas yang terus bergerak

maju dalam meningkatkan kesejahteraan bagi peternak."Melalui dukungan dari Baznas dengan pemberdayaan peternak ini, tentunya dapat meningkatkan populasi nasional. Dunia peternakan menjadi salah satu sektor ekonomi di masa depan yang menunjang perekenomian Indonesia,” katanya..

Baca juga: Petani Baznas Raih Sertifikat Organik Pengelolaan Lahan Pertanian

Kepala Lembaga Program Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) Baznas, Ajat Sudarjat menambahkan bahwa Balai Ternak Baznas yang diinisiasi oleh Baznas ini menerapkan konsep peternakan dan pemberdayaan.

"Dalam sektor peternakan menjalankan konsep pembiakan untuk peningkatan populasi dan menjaga stabilitas suplai ternak nasional dalam bentuk sentra produksi ternak dan peningkatan pendapatan peternak. Sedangkan konsep pemberdayaan melalui dana zakat meliputi kegiatan pendampingan dengan model pemberdayaan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT