Download E-Paper

Baznas Meraih Penghargaan BNPB, Membantu Pengurangan Resiko Bencana

Rabu, 14 Oktober 2020 - 18:53
Baznas saat menerima penghargaan dari BNPB. (ist)

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meraih penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi  dalam membantu pengurangan risiko bencana di Indonesia.

Penghargaan diberikan dalam acara peringatan bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya di bulan Oktober. Mengangkat tema “Daerah Punya Aksi Pengurangan Risiko Bencana”.

Kepala Divisi Pendistribusian Baznas, Ahmad Fikri, Rabu (14/20) menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang diberikan oleh BNPB. Penghargaan diberikan bersamaan peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) yang jatuh pada 13 Oktober 2020.

Baca juga: Korban Banjir di Sukabumi Menerima Bantuan dari BAZNAS

Menurutnya, hal ini akan menjadi pemacu Baznas Tanggap Bencana untuk selalu siap siaga hadir ke tengah-tengah masyarakat terkait dengan kebencanaan, baik dalam hal mitigasi, kesiapsiagaan, maupun respon bantuan.

"Ini adalah hasil nyata komitmen Baznas dalam menjalankan amanah dari muzaki, melalui zakat, infak, dan sedekah, yang salah satunya digunakan untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana," terang Fikri.

 Dia menambahkan Baznas Tanggap Bencana akan terus berjuang membantu pemerintah dan bersinergi dengan berbagai pihak dalam mengurangi dampak bencana.

Baca juga: BAZNAS Tingkatkan Kapasitas Mustahik Hadapi Dampak Pandemi Covid-19

Fikri menambahkan dalam membantu pengurangan risiko bencana di Indonesia, saat ini Baznas Tanggap Bencana telah berdiri di 22 Provinsi, 249 Kabupaten dan Kota, dengan jumlah personel mencapai 1817 orang yang selalu siaga merespon setiap bencana.

 Baznas dalam membantu penanggulangan Covid-19, Baznas sejak Maret hingga Agustus lalu juga telah menjalankan berbagai macam kegiatan  diantaranya adalah penyemprotan disinfektan ke 364 titik, pendistribusian Alat Pelindung Diri ke 87 RS dan Puskesmas dengan total 32.039 paket, distribusi masker sebanyak 35.578 pieces, distribusi hand sanitizer 25.648 botol, layanan dapur umum untuk masyarakat terdampak covid, dan berbagai aksi bantuan lainnya. (johara/win)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->