Download E-Paper

Di FGD Pos Kota, Lurah Riska: Peran RT/RW dan LMK di Serdang Sangat Penting dalam Mencegah Penyebaran Covid-19

Kamis, 22 Oktober 2020 - 07:49
FGD Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 di RPTRA Krida, RW01 Kelurahan Serdang, Jakarta Pusat, digelar Pos Kota. (deny)

JAKARTA - Peran unsur masyarakat seperti RT (Rukun Tangga), RW (Rukun Warga) dan LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan) di wilayah Kelurahan Serdang, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, dinilai sangat penting dalam mencegah sekaligus memutus penyebaran Covid-19. 

Bahkan , keberadaannya pun disebut sebagai garda terdepan karena perannya hampir sejajar dengan para tenaga medis dalam menanggulangi pandemi Virus Corona ini.

"Delapan bulan sudah dampak wabah Covid-19 ini melanda Indonesia, tidak terkecuali wilayah Serdang . Namun dibantu para RT/RW dan LMK, kita dapat bangkit dan sehat bersama," ucap Lurah Serdang, Riska Handayani, saat mengikuti Forum Group Discussion (FGD) bersama Pos Kota dan warga RW01 di RPTRA Krida, Rabu (21/10/2020).

Baca juga: Sebaran Kasus Corona RI per 21 Oktober 2020, DKI Masih Tertinggi

Menurutnya, keterlibatan sejumlah elemen masyarakat tersebut dalam ikut menanggulangi pandemi Covid-19 di lingkungan bahkan tidak lagi sebatas edukasi.

"Bahkan bapak-bapak RT dan RW di kita ini , mereka terlibat langsung untuk membantu warga yang terpapar Covid-19 mengambilkan obat . Mereka tidak kenal lelah, saya sebagai lurah pun bangga dan terharu ikut menyaksikannya," ungkap Riska.

Tak hanya itu, peran unsur masyarakat pun sangat dirasakan pada saat jajarannya bersama pihak Puskesmas melakukan tracking  Covid-19 terhadap warga melalui rapid tes massal.  

Baca juga: Doni: Jangan Biarkan Libur Panjang Jadi Masalah Baru

"Belum lagi kalau ada warga yang harus menjalani isolasi rawat ke rumah sakit, itu harus dibujuk bujuk dulu . Dan disini lah peran RT/ RW dan tokoh masyarakat untuk ikut membujuknya agar pasien mau," paparnya. 

Acara yang berlangsung sekitar 60 menit atau 1 jam tersebut, diisi juga dengan paparan sejumlah  Ketua RT/ RW serta LMK dan tokoh masyarakat di Kelurahan Serdang dalam menangani Covid-19 di lingkungannya. 

Ketua LMK RW01,Kusnanda mengatakan , bahwa sejauh ini kesadaran warga untuk menerapkan protokol kesehatan, khususnya pada penggunaan masker masih sebatas adanya petugas.

Baca juga: Cuti Bersama, Pengguna Angkutan Umum Dipredisi Naik 20 Persen.

"Karenanya perlunya kembali pengadaan razia-razia gabungan Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) , terlebih pada masa PSBB transisi ini . Sehingga jangan ada kesan kendor dalam pengawasan , meski ada kelonggaran pada PSBB," ujarnya. 

Sedangkan, Ketua LMK RW03, Rusyanto menginginkan agar adanya penyemprotan disinfektan kembali secara rutin di lingkungan. Terlebih dilakukan pada tempat-tempat terbuka atau ruang publik seperti RPTRA.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir juga Camat Kemayoran, Asep Mulyaman, Kepala Puskesmas Kelurahan Serdang, dr.Atik serta jajaran dari Kelurahan dan tokoh masyarakat, Sutiyono.

Baca juga: Wabah Corona Bikin Target APBD DKI Anjlok 31,04 Persen

Sementara dari pihak Pos Kota, hadir langsung Pimpinan Redaksi, Hj.Irdawati, Sekertaris Redaksi, Sutiyo, serta Editor, Guruh Nara Persada. Dan tak lupa juga, acara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. (deny/win)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->