ADVERTISEMENT

BP2MI Bikin Gebrakan, Jadikan Pekerja Migran Sebagai Duta Wisata

Senin, 19 Oktober 2020 23:50 WIB

Share
BP2MI Bikin Gebrakan, Jadikan Pekerja Migran Sebagai Duta Wisata

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) , Benny Rhamdani melakukan gebrakan lagi, kali ini akan menjadikan  Pekerja Migran Indonesia (PMI) menjadi duta  mempromosikan wisata Indonesia di negara-negara penempatan.

Untuk mencapai langkah itu, Benny telah melakukan pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Senin (19/10/2020) petang.

Kepala BP2MI mengatakan,  potensi PMI untuk dioptimalkan menjadi duta wisata yang akan mempromosikan wisata Indonesia di negara-negara penempatan. Kelak kata Benny, para PMI itu akan diberikan pembekalan mengenai pariwisata sebelum dikerjakan di tempat penempatan.  

Baca juga: BP2MI Gerebek Penampungan PMI Ilegal di Kawasan Cirebon

Dengan bekal nasionalisme, kata Benny, program PMI jadi duta wisata akan bisa sukses. "Di negara penempatan, misalnya di mall atau supermarket PMI akan memberikan brosur tentang parwisata Indonesia," katanya.

BP2MI lanjut Benny, akan melakukan kerjasama dengan negara penempatan, agar PMI bisa menjadi duta wisata. "Saya memiliki ide, bahwa sekarang sudah terjadi perubahan nomenklatur dari BNP2TKI menjadi BP2MI. Istilah TKI juga berubah  menjadi PMI. Mereka ini adalah pejuang Negara," jelasnya.

Menurut Benny, saat ini harus dijelaskan bagaimana persepsi publik bisa berubah secara total terhadap PMI karena mereka ini adalah  aset Negara. Tidak hanya PMI, ketika bekerja mereka bisa menjadi Duta Wisata untuk memasarkan destinasi pariwisata Indonesia.

Baca juga: BP2MI Teken Kerjasama IBA Untuk Tingkatkan Ketrampilan Pekerja Migran

Selain Itu,  devisa yang dihasilkan PMI juga sangat besar yaitu  159.6 Triliun. Lanjut Benny  ini juga tidak jauh berbeda dengan potensi devisa dari sektor pariwisata 280 triliun.

"Jumlah PMI yang banyak mencapai 270.000 menjadi potensi yang sebagai duta pariwisata Indonesia, mengenalkan budaya dan pariwisata Indonesia," ujarnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT