ADVERTISEMENT

Tips Aman Berkendara saat Hujan, Kasat Lantas Polrestro Depok: Hindari Kubangan

Kamis, 15 Oktober 2020 08:12 WIB

Share
Tips Aman Berkendara saat Hujan, Kasat Lantas Polrestro Depok: Hindari Kubangan

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK - Kasat Lantas Polres Metro Depok, Kompol Andi Muhamad Indra Waspada memberikan tips berkendara motor aman pada musim hujan sebagai antisipasi kecelakaan.

"Masuki musim hujan perlu kewaspadaan yang ekstra dalam mengendarai kendaraan mobil maupun motor. Jika tidak meningkatkan keekstra hati-hatian kita di jalan dampak berakibat fatal bahkan dapat menghilangkan nyawa atau meninggal," ujar Kompol Indra, usai memberikan arahan apel ke anggota Satlantas Polrestro Depok, di lapangan Mapolrestro Depok, Kamis (15/10/2020) pagi.

Kompol Indra mengingatkan, jika hujan biasanya kondisi jalan menjadi licin. Karena itu, berhati-hatilah dan kurangi laju kecepatan. "Ini agar terhindar kecelakaan seperti terjatuh dari motor akibat jalan licin karena hujan atau melindas kubangan tertutup air yang dapat berakibat fatal.

Baca juga: Tarik Rem Hati-hati, Blong!

"Selain itu yang perlu diperhatikan, selalu jaga kondisi prima badan. Tubuh kita harus selalu fit jika mau bepergian apalagi di tengah pandemi virus corona (Covid-19), faktor kesehatan sangat penting untuk dijaga," katanya.

Perwira jebolan Akpol 2003 ini menambahkan perlu juga dibutuhkan konsentrasi tinggi setiap kali mengendarai kendaraan bermotor. "Konsentrasi ini sangat penting dalam menjaga keselamatan dalam berkendara di jalan menghindari kecelakaan akibat faktor human error," paparnya.

Selanjutnya, kata mantan Kasat PJR jebolan Sespim angkatan 58 ini, yang mesti dipatuhi dalam berkendara adalah kesadaran tinggi dalam menaati rambu lalu lintas.

Baca juga: Wartawan Juga Wajib Berkendara Baik dan Aman

"Jika kita sudah taat terhadap rambu lalu lintas dan berkendara sopan di jalan, maka kecelakaan tidak akan terjadi. Rata-rata kecelakaan terjadi karena banyak faktor kurang tertib dalam mematuhi peraturan rambu lalu lintas," imbuhnya.

Kompol Indra pun mengimbau kepada warga Depok agar disiplin mematuhi rambu lalu lintas. "Mari kita menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Dengan harapan dapat mewujudkan Kamtertibcarlantas dan angka kecelakaan di jalan berkurang," tutupnya. (angga/m8/ys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT