ADVERTISEMENT

Wapres: Pemuda ASEAN Punya Peran Membangun Komunitas Toleran

Rabu, 14 Oktober 2020 13:42 WIB

Share
Wapres: Pemuda ASEAN Punya Peran Membangun Komunitas Toleran

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyebutkan pemuda ASEAN memiliki peran penting dalam membangun komunitas dengan karakter yang toleran di kawasan.

"Kondisi demografis ASEAN di mana sepertiga populasinya adalah generasi muda, maka pemuda memiliki peran penting dalam membangun komunitas dengan karakter yang toleran di kawasan ASEAN," terang KH Ma'ruf Amin.

Itu disampaikan Ma'ruf pada acara ASEAN Youth Interfaith Camp(AYIC) 2020 melalui konferensi video di kediamannya, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Rabu (14/10/2020).

Baca juga: Wapres Mengingatkan Ormas Islam Agar Mendalami UU Cipta Kerja

Wapres menambahkan sepertiga populasi ASEAN adalah generasi muda, dengan demikian satu dari tiga orang di ASEAN adalah generasi muda.

"Ilustrasi tersebut menggambarkan peran besar yang dapat diberikan generasi muda dalam mengembangkan nilai-nilai toleransi, kerukunan, dan perdamaian di ASEAN,” tutur Ma'ruf.

Ma'ruf menjelaskan keberagaman budaya, agama dan bahasa di ASEAN merupakan potensi yang berkontribusi sangat besar bagi kesejahteraan rakyat di kawasan tersebut. Namun, harus diakui di kawasan ini masih terjadi konflik dan ketegangan akibat adanya perbedaan politik tertentu, sehingga perdamaian dan harmoni belum bisa diwujudkan.

Baca juga: Wapres Minta Pelaku Usaha Bisa Menggerakkan Ekonomi Indonesia

Wapres mengungkapkan, generasi muda ASEAN saat ini memiliki keistimewaan karena telah hidup dalam sebuah komunitas dimana toleransi, moderasi dan kerukunan menjadi suatu kebutuhan dalam mencapai tujuan hidup bersama.

Untuk itu, lanjut dia,  keistimewaan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai kekuatan ASEAN untuk mencapai cita-cita komunitas yaitu One Vision One Identity One Community, Satu Visi Satu Identitas Satu Komunitas.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Yulian Saputra
Editor: Yulian Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT