ADVERTISEMENT

Lansia Lebih Rentan Terkena Covid-19? Begini Faktanya

Rabu, 14 Oktober 2020 19:03 WIB

Share
Lansia Lebih Rentan Terkena Covid-19? Begini Faktanya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Berdasarkan data dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan  Covid-19, per 14 Oktober 2020, pasien Covid-19 usia lanjut (lansia) atau di atas 60 tahun mendominasi angka meninggal sebanyak 42,5 persen. Sejumlah dokter menjelaskan mengapa lansia lebih rentan Covid-19.

Staf Medis Ilmu Penyakit Dalam RS Cipto Mangunkusumo, dr Soejono menjelaskan, orang lanjut usia termasuk golongan rentan terinfeksi Covid-19 lantaran adanya penurunan daya tahan tubuh seperti sel dan lain-lain.

"Ada juga gangguan fungsi kognitif yang menyebabkan lansia kesulitan untuk patuh menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, " kata dr. Soejono saat berbincang di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB Jakarta, Rabu (14/10/2020).

Ia melanjutkan, lansia yang memiliki kendala aktivitas dan membutuhkan bantuan orang lain dalam beraktivitas pun memiliki risiko lebih besar terhadap penularan melalui kontak erat. Selain itu, asupan makan lansia itu lebih sedikit, ini  dapat menurunkan daya tahan tubuh.

"Selain itu, lansia cenderung memiliki komorbid atau penyakit bawaan, ini kondisi inflamasi kronik. Meski rendah tapi menahun. Akan meningkatkan risiko infeksi, " jelas dia.

Baca juga: Satgas Covid-19 Apresiasi 5 Provinsi Keluar dari Penyumbang Kasus Terbanyak

Sementara itu, Ketua SMF Pumonologi RSPI Dulianti Saroso, dr. Adria Rusli menambahkan, orang lanjut usia yang sudah terinfeksi, akan lebih sulit perawatannya.

"Pengobatannya akan lebih sulit karena ada berbagai faktor. Kami pun tidak bisa maksimal memberikan obat, karena efek samping obat, tentu akan lebih ringgi pada pasien lansia, " jelas Adria di momen yang sama.

Adria menekankan lingkungan sekitar orang lansia haru bisa lebih baik dalam memperhatikan dan menjaga kebersihan. "Kita harus bisa memposisikan dia (lansia) dengan seaman mungkin, agar tidak menambah risiko terinfeksi, " pungkasnya. (Mita/tha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT