Jalan yang Kena Longsor di Tasikmalaya Mulai Dibersihkan, Wagub Jabar Berikan Santunan

Rabu, 14 Oktober 2020 05:31 WIB

Share
Jalan yang Kena Longsor di Tasikmalaya Mulai Dibersihkan, Wagub Jabar Berikan Santunan

TASIKMALAYA – Jalur Salopa-Cikatomas di Kecamatan Cikatomas merupakan jalan yang terparah tertimbun longsor yang terjadi pada Senin (12/10/2020) dini hari. Kini jalur terebut sudah dibersihkan dan bisa dilalui. Wakil Gubernur Jawa Barat siudah mengunjungi dan memberi bantuan kepada korban.

Untuk membersihkan material timbunan di jalur Salopa – Cikatomas, petugas dari Relawan BPBD Kabupaten Tasikmalaya dan Dinas PUPR melakukan kerja keras mengangkat material di jalan jalur Utama Salopa-Cikatomas menggunakan alat berat bekhoe, Senin (12/10/2020)

Akses penghubung jalan utama Salopa-Cikatomas sempat tertutup material longsor sepanjang 50 meter dengan ketebalan longsor 7 meter. Kini jalan utama dapat kembali dilalui kendaraan secara terbatas.

Baca juga: Banjir dan Longsor Tasikmalaya Terjang 12 Kecamatan, Jalan dan Rumah Tertimbun

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tasikmalaya, Atep Sumardi mengatakan, jalur itu baru bisa dilalui dengan sistem buka-tutup.

Sebab, petugas masih membersihkan material longsor yang sempat menutup  badan jalan.

"Kita tetap melakukan pembersihkan agar jalan tak licin, tapi nanti sore mudah-mudahan jalan  dapat dilewati kendaraan," kata dia di lokasi kejadian

Ia menjelaskan, jalur utama ini menghubungkan Cikalong, Pangandaran, tertimpa longsor pada Senin pagi. Tebing yang berada di samping jalan itu runtuh dan menutup badan jalan.

Baca juga: Petugas Masih Berjibaku Evakuasi Reruntuhan Longsoran di Jalan Damai Ciganjur

Atep mengatakan, jalur yang tertutup material longsor ada lima titik yakni Salopa-Cikatomas, kecamatan Parungponteng, Bantarkalong, Bojongasih, Kecamatan Salopa yang menghubungkan dengan Kecamatan Manonjaya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar