ADVERTISEMENT

Anies Sebut Saat Ini Ada 100 RS Rujukan Bagi Pasien Covid-19

Rabu, 30 September 2020 13:27 WIB

Share
Anies Sebut Saat Ini Ada 100 RS Rujukan Bagi Pasien Covid-19

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, saat ini telah menyiapkan sebanyak 100 rumah sakit (RS) rujukan untuk penanganan pasien Covid-19 atau virus Corona di Ibukota. Jumlah RS rujukan untuk pasien yang terpapar virus Corona di DKI sebelumnya ada sebanyak 67.

Seiring meningkatnya kasus Corona di Jakarta, Anies menambahkan 13 rumah sakit umum daerah (RSUD) dan juga menggandeng sebanyak 26 RS swasta untuk turut serta menangani pasien corona. 

"Sekarang ada tambahan rumah sakit sehingga kita saat ini ada 100 rumah sakit rujukan yang bisa digunakan," ucap Anies usai menggelar apel tanggap bencana banjir menghadapi musim penghujan, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (30/9/2020). 

Baca juga: Pemprov DKI Bakal Tambah Tempat Tidur ICU di RS Rujukan Covid-19

Anies juga menyampaikan, bagi warga yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 harus melaksanakan perawatan dengan karantina mandiri di fasilitas kesehatan yang sudah disediakan pemerintah.

Kendati demikian masyarakat juga bisa melakukan isolasi mandiri di rumah dengan beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar tidak menularkan virus mematikan tersebut ke anggota keluarganya.

"Begini saja intinya bahwa setiap warga yang terpapar dan terinfeksi Covid-19 dia harus melakukan isolasi mandiri dan ini bisa dikerjakan sendiri atau isolasi lewat fasilitas pemerintah," tuturnya.

Baca juga: Faktor Ekonomi Jadi Tolak Ukur Isolasi Pasien Covid-19 di Wisma Atlet

Bahkan kata Anies, selain fasilitas kesehatan saat ini hotel juga disiapkan sebagai ruang inap perawatan pasien Covid-19. Hal tersebut berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat ini setidaknya ada 15 hotel yang sudah disiapkan sebagai tempat karantina.

"Jadi pilihannya satu ditempatkan di fasilitas ada wisma atlet dan kemudian juga ada tempat-tempat lain yang sudah disiapkan, di Jakarta ada 3 tambahan tempat dan juga ada hotel," pungkasnya. (Yono/tha).

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Trias Haprimita
Editor: Trias Haprimita
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT