Doodle Benyamin Sueb Muncul di Laman Pencarian Google Hari Ini
Selasa, 22 September 2020 15:51 WIB
Share
Doodle Benyamin Sueb yang ditayangkan google di laman pencarian. (ist)

JAKARTA - Seniman ikonik khas Betawi, Benyamin Sueb muncul jadi tampilan laman pencarian Google dihiasi dengan gambar kartun Doodle Bang Ben lengkap dengan maskot Betawi Ondel-ondel, hari ini Selasa (22/9/2020). 

Ilustrasi doodle Bang Ben dibuat oleh seniman asal Indonesia, Isa Indra Permana. Tepat pada hari ini pada dua tahun lalu pula Benyamin Sueb Park diresmikan.

Benyamin yang lahir pada 5 Maret 1939, mencurahkan warisan budaya Betawi semasa hidupnya. Taman tersebut didirikan guna menjunjung tinggi pusat budaya Betawi yang ada di Indonesia.

Celetukan “muke lu jauh” atau “kingkong lu lawan” pasti mengingatkan masyarakat pada sosok Benyamin. Lebih dari 75 album musik dan 53 judul film yang ia bintangi, membuat namanya melambung hingga ke mancanegara.

Seniman yang lahir di Kemayoran, Jakarta ini mengawali karirnya di dunia musik sebagai anggota dari Melody Boys pada 1950-an. Lagu-lagu hits seperti Nonton Bioskop dan Hujan Grimis digunakan Benyamin dengan mengandalkan idiom musik Betawi yang lebih tradisional. 

Orkes Gambang Kromong Naga Mustika juga populer dengan lagu Ondel-ondel (1971) dan Si Jampang (1969) yang sukses di pasaran. Lewat popularitas di dunia musik, Benyamin mendapatkan kesempatan untuk main film.

Benyamin mengawali karir perfilman di awal tahun 70-an. Beberapa film yang sempat ia mainkan seperti Banteng Betawi (1971), Biang Kerok (1972), Intan Berduri serta Si Doel Anak Betawi (1976). Berkat darah seniman dari sang kakek, Benyamin menyabet Best Actor Citra Awards di Festifal Film Indonesia saat berakting dalam film Intan Berduri. (talitha/ruh)

Reporter: Guruh Nara Persada
Editor: Guruh Nara Persada
Sumber: -