Direktur Kajian Strategis Kemenparekraf Wawan Rusiawan, bersama Produser Film dan Penulis Buku, Handoko Hendroyono, dan Desainer Sugeng Untung di seminar daring Bincang Inklusif Seputar Metadata (BISMA).(ist)

Nasional

Desain dan Narasi Berperan Penting dalam Promosi Produk Pariwisata

Jumat 28 Agu 2020, 15:25 WIB

JAKARTA –  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebutkan pentingnya penggunaan desain dan Narasi dalam mengembangkan dan memasarkan produk para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal ini disampaikan Direktur Kajian Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Wawan Rusiawan, di seminar daring Bincang Inklusif Seputar Metadata (BISMA), Jumat (28/8/2020). 

“Kita memiliki banyak produk. Sayangnya pelaku parekraf belum memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan sebuah produk ke dalam desain yang menarik dan narasi yang kuat,” ujar Wawan.

Melalui kegiatan BISMA, para pelaku usaha parekraf dibekali pemahaman sekaligus bisa berbagi pengetahuan terkait cara membuat desain dan narasi dengan baik dan menarik serta sebagai sarana mengumpulkan infromasi berbasis data pelaku parekraf.

Sependapat dengan Wawan, Produser Film dan Penulis Buku, Handoko Hendroyono, mengatakan ketika para pelaku parekraf membuat sebuah produk maka harus memulai dengan narasi yang benar. 

Lanjut dia, narasi tidak selalu dalam bentuk alur cerita tetapi juga alur strategi, "Agar menarik perhatian, perlu menggndeng talent-talent terbaik di bidangnya, baik film, fashion, musik, maupun food and beverage,” ujar Handoko.

Menurut dia, dengan menggandeng talent-talent terbaik untuk melakukan kolaborasi maka akan menciptakan jejaring kerja yang luas. “Karena bisnis adalah connecting the dots. Bukan mengalahkan lawan, bagaimana kita bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak menjadi suatu hal yang sangat penting,” kata Handoko.

Ia melanjutkan, langkah selanjutnya ketika brand sudah berkembang pesat, maka para pelaku parekraf pun tetap harus terus melakukan inovasi dan menciptakan kreativitas tanpa henti. 

“Setelah sukses pun, kita harus membuat narasi-narasi kembangan baru untuk memperkuat culture narasi yang lama,” jelas Handoko

Desainer, Sugeng Untung, menambahkan, selain narasi, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan dan memasarkan produk adalah desain. 

“Di era global, produsen produk harus mencari tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Meski, konsumen itu sendiri sesungguhnya belum memikirkan produk tersebut. Dalam konteks itu, sebuah produk harus adaptif terhadap perkembangan dan perubahan zaman,” kata Sugeng.

Sugeng menegaskan, zaman dan pola pikir konsumen akan sangat mempengaruhi eksistensi sebuah produk. Oleh karena itu, penting bagi pelaku parekraf untuk memperhatikan desain pada sebuah produk. Sebab desain yang menarik mampu menjadikan produk untuk memiliki daya tarik lebih bagi konsumen. (mita/tri) 

Tags:
desainnarasiberperan pentingdalampromosipariwisata

Reporter

Administrator

Editor