ADVERTISEMENT

Irjen Argo: Penularan Covid 19 Karena Tidak Gunakan Masker di Luar Rumah

Kamis, 27 Agustus 2020 18:38 WIB

Share
Irjen Argo: Penularan Covid 19 Karena Tidak Gunakan Masker di Luar Rumah

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Kadiv Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan. penularan Covid 19 banyak terjadi ketika seseorang tidak menggunakan masker di luar rumah. Hal itu merujuk penelitian yang disampaikan Ahmad Yurianto, jurubicara pemerintah untuk penanganan Covid 19.

“Kasus semacam ini tentunya menjadi peringatan bagi kita bahwa ketidakdisiplinan dapat merusak harapan dari tatanan kehidupan baru (new normal) yang dimaksudkan untuk menjaga produktivitas di tengah situasi pandemi,” kata Argo dalam sambutannya pada Webinar bertemakan “Masker? Save Our Live”, yang diselenggarakan di Hotel Grand Dhika, Jakarta Selatan, Kamis (27/8/2020) siang.

Untuk itu, ia menyambut baik Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Covid 19.

Kadiv Humas Polri menilai, Inpres ini telah memberikan jaminan kepastian hukum dan memperkuat upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19 di seluruh tanah air.

Argo mengingatkan, sejarah mencatat ketidakdisiplinan dapat meruntuhkan peradaban. Karenanya, ia mengajak semua pihak untuk disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan sebagai bentuk adaptasi memasuki tatanan kehidupan baru untuk keluar dari himpinan pandemi Covid 19.  “Dimulai hari ini, dimulai dengan menggunakan masker,” seru Argo.

Webinar bertemakan “Masker? Save Our Live” itu menghadirkan narasumber: 1 Tommy Suryopatomo (Jurnalis); 3. Maman Suherman (Penulis); dan 4. Tukul Arwana (Publik Figur).

Perubahan Perilaku

Jurnalis Tommy Suryopratomo dalam kesempatan itu mengemukakan, saat ini semua negara berlomba menemukan vaksin Covid 19 karena dianggap sebagai obat mujarab penanganan virus corona. 

Padahal, lanjut Tommy, penemuan vaksin bukan berarti akan membuat manusia terbebas dari Covid 19, tetapi hanya membuat daya tahan tubuh lebih meningkat.

Mengutip data penelitian, Tommy menyebutkan, pemakaian masker mampu menurunan penularan Covid 19 hingga 75%, sementara physical distanting (menjaga jarak memberikan risiko penularan hanya sampai 2%.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Winoto
Editor: Winoto
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT