Bamsoet: Komite Pemulihan Ekonomi Nasional Harus Siapkan Langkah Strategis Atasi Utang Pemerintah
Jumat, 24 Juli 2020 14:10 WIB
Share
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (ist)

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong Komite Pemulihan Ekonomi Nasional segera menyiapkan langkah strategis dalam mengantisipasi meningkatnya utang pemerintah di tengah pandemi Covid-19.

"Pemerintah harus memanfaatkan utang tersebut untuk hal-hal yang dianggap prioritas, sehingga efektif dan dapat memulihkan beban fiskal dan ekonomi secara berkelanjutan," kata Bamsoet, Jumat (24/7/2020).

Selain itu, lanjutnya, pemerintah harus melakukan langkah antisipasi terhadap implikasi jangka panjang yang disebabkan dari meningkatnya utang, dikarenakan kondisi pasar keuangan global masih diliputi ketidakpastian akibat pandemi covid-19.

"Pemerintah menjaga dan mengoptimalkan program pemulihan ekonomi nasional dan melakukan upaya efisiensi anggaran dan terhindar dari terjadinya resesi maupun kontraksi ekonomi yang semakin mendalam," paparnya.

Untukitu, Bamsoet pun mendorong adanya kerjasama dari seluruh kementerian/lembaga hingga  pemerintah daerah/Pemda untuk berkomitmen dalam penyerapan anggaran secara maksimal dan efisien, serta berkomitmen melaksanakan program-program pemulihan ekonomi nasional, sehingga dapat mencegah terjadinya peningkatan kemiskinan. (rizal/tri)