ADVERTISEMENT

Pemkab Bekasi Bakal Gratiskan Kuliah Bagi 10 Warga Berprestasi

Senin, 6 Juli 2020 17:33 WIB

Share
Pemkab Bekasi Bakal Gratiskan Kuliah Bagi 10 Warga Berprestasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bakal menggratiskan kuliah bagi 10 lulusan terbaik bagi setiap warga yang berprestasi di wilayahnya. Hal ini dilakukan demi harapan mencetak generasi terbaik sejak difungsikannya kembali Balai Latihan Kerja (BLK), belum lama ini.

Tugas tersebut nantinya bakal diemban Dinas Pendidikan, termasuk Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi. "Saya ingin Dinas Pendidikan termasuk DPMD menginventarisir lulusan-lulusan terbaik di Kabupaten Bekasi, minimal 10 besar dari lulusan terbaik agar bisa direkrut di BLK ini," kata Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, Senin (6/7/20).  

Sebelumnya, Pemkab Bekasi sudah memfungsikan kembali BLK yang berlokasi di Desa Srimahi, Kecamatan Tambun Utara. Beroperasinya kembali BLK diikuti dengan program serta kegiatan pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian warga Kabupaten Bekasi sebelum masuk dunia industri. "Saya berharap BLK mampu mencetak generasi teknopark dan geopark serta menciptakan lapangan kerja bagi warga," lanjut Eka.

Nantinya, BLK dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyaluran tenaga kerja bagi warga yang dinilai sudah terampil mengingat Kabupaten Bekasi mempunyai kawasan yang begitu besar. Pihaknya bahkan sudah membuat payung hukum untuk memprioritaskan warga lokal di setiap Indudstri di wilayah Kabupaten Bekasi. "Kami juga sudah membuat payung hukum yang memprioritaskan penggunaan tenaga kerja lokal di setiap industri yang ada di wilayah kita," tegasnya.

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi juga sudah membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelatihan yang akan mengurus berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi warga Kabupaten Bekasi. UPTD Pelatihan itu nantinya akan mengakomodir segala kegiatan pelatihan di BLK yang meliputi pelatihan administrasi perkantoran, pemrograman, instalasi listrik, otomotif sepeda motor, teknik pendingin ruangan, welding las, serta pelatihan menjahit.

"Sarana dan prasarana BLK juga akan dilengkapi dan disesuaikan dengan kebutuhan pelatihan. Melalui pelatihan di BLK para calon tenaga kerja akan semakin baik. Mereka bisa terjun langsung ke bursa kerja dengan keterampilan yang dimiliki," kata Eka. (junius/fs)


 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT