JAKARTA - PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop I Jakarta mengurangi jadwal pemberangkatan kereta jarak jauh di Stasiun Gambir dan Pasar Senen dan membatalkan 19 perjalanan. Bagi calon penumpang yang telah membeli tiket bisa melakukan pembatalan via online.
Pengurangan dan pembatalan perjalanan kereta dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona karena Jakarta dinaikkan statusnya sebagai Tanggap Darurat Bencana Covid-19. Tercatat ada 19 perjalanan kereta yang dibatalkan dari 23 Maret hingga 1 April 2020.
Jika terpaksa harus melakukan perjalanan, calon penumpang memiliki pilihan KA lain karena kereta yang dibatalkan memiliki jarak berdekatan. Namun, jika akan membatalkan tiket bisa dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access dan uang akan dikembalikan 100 persen.
"Pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat Corona, yaitu 23 Maret - 29 Mei 2020," kata Kahumas PT. KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dalam keterangan tertulis, Rabu (25/3/2020).
Eva menjelaskan, sejak 1 Maret 2020 sampai hari ini sekitar 71 ribu tiket untuk keberangkatan sampai dengan 90 hari kedepan telah dilakukan pembatalan baik melalui loket stasiun maupun online. Sistem pembatalan online untuk mengurangi antrean di loket stasiun.
Saat pembatalan online di aplikasi KAI Access, nomor identitas yang didaftarkan pada akun aplikasi KAI Access harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket. Aplikasi KAI Access juga bisa untuk membatalkan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking.
"Yang perlu dipastikan, calon penumpang memiliki aplikasi KAI Access dengan versi paling update, maka dapat membatalkan tiket dengan pengembalian bea 100%. Bagi pengguna yang telah memiliki Aplikasi KAI Access dapat melakukan proses update pada aplikasi tersebut," ujar Eva.
Namun, calon penumpang bisa membatalkan melalui loket pembatalan pada delapan stasiun yang melayani perjalanan jarak jauh di wilayah Daop 1 Jakarta. Masing-masing stasiun memiliki tiga loket pembatalan tiket, khusus Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen terdapat lima loket pembatalan tiket. (yendhi/ys)