ADVERTISEMENT

Mensos: Rehabilitasi Sosial Bangun Peradaban Manusia

Jumat, 13 Maret 2020 20:55 WIB

Share
Mensos: Rehabilitasi Sosial Bangun Peradaban Manusia

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA -  Kementerian Sosial sangat fokus pada rehabilitasi sosial mengingat ~qperlu berkontribusi signifikan terhadap peningkatan peradaban manusia.

Program Rehabilitasi Sosial 5 Klaster New Platform (PROGRES 5.0 NP) menjadi arah baru kebijakan yang besifat holistik, sistematik dan terstandar.

Klaster pada rehabilitasi sosial ini terdiri dari klaster anak, penyandang disabilitas, korban penyalahgunaan Napza, lanjut usia serta tuna sosial dan korban perdagangan orang.

"Kelima klaster tersebut akan memberikan layanan rehabilitasi sosial berupa bantuan bertujuan, terapi (fisik, mental-spiritual, psikososial dan penghidupan), perawatan/pengasuhan sosial dan dukungan keluarga," kata Menteri Sosial Juliari P. Batubara, dalam Rapat Koordinasi Nasional Direktorat Rehabilitasi Sosial.

Intervensi ini, lanjutnya, diberikan agar  pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) dapat kembali ke masyarakat dan menjalankan fungsi sosialnya dengan baik.

Mensos mencaritakan, ia baru saja mengunjungi keluarga korban pembunuhan anak berusia 5 tahun di Sawah Besar. "Belum lama ini kita mendengar kejadian pembunuhan anak 5 tahun. Pelakunya juga anak usia 15 tahun. Ini tantangan Rehsos kedepan," kata Mensos. 

Mensos menegaskan bahwa kejadian seperti ini yang menjadi tantangan Rehsos kedepan, khususnya untuk sumber daya manusia Rehsos seperti pekerja sosial.

"Kehadiran peksos adalah untuk memastikan kedepan kejadian seperti ini tidak akan terjadi lagi," pungkas Mensos.

Hal tersebut membuat Mensos mendukung kegiatan Rakornas ini. 

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk menyamakan persepsi antara pemerintah Pusat dan daerah dalam pelaksanaan program rehabilitasi sosial, meningkatkan sinergi antara Kementerian Sosial dengan Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten/Kota  dalam penyelenggaraan program rehabilitasi sosial dan meningkatkan komitmen dukungan Pemerintah Daerah terhadap program-program rehabilitasi sosial,” pungkas Dirjen Rehsos.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Tri Haryanti
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT