DEPOK – Seluruh kelurahan di Kota Depok diharapkan secepatnya menerapkan pelayanan ke masyarakat dengan sistem layanan on line (SILO) untuk mempermudah pelayanan serta mengahadpi tantangan era industri dan teknologi mendatang.
“Pelayanan SILO menjadi salah satu andalan bagi pemerintah untuk memberikan pelayanan secara cepat, mudah dan murah terlebih sejumlah staf kelurahan sejak tahun 2019 sudah diberikan pelatihan mempergunakan perlatanan komputer yang ada,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono, Selasa (28/1/2020).
Pelayanan melalui SILO sudah diluncurkan pihak Diskominfo Kota Depok sejak 2019 dan diharapkan seluruh kelurahan mengikuti program pelayanan ke masyarakat tersebut. Melalui sistem on line pelayanan akan lebih mudah dan cepat dalam membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan dalam mengurus administrasi kependudukan dan lainnya.
Menurut dia, jika pelayanan melalui SILO sudah dilakukan petugas di kelurahan nantinya masyarakat cukup unggah dokumen kependudukan melalui gawai, dan bisa melihat langkah demi langkah sampai dokumen yang dibutuhkan terbit. “Semua akan lebih mudah terlebih hampir seluruh masyarakatn memiliki handphone,” tuturnya.
Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi, mengatakan jajaran petugas di kelurahan masih banyak yang belum siap karena kebutuhan petugas masih kurang terlebih dalam kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan mengoperasionalkan peralatan termasuk kekurangan sarana.
“Kami berharap tahun 2020 ini pihaknya akan merekrut operator serta melengkapi peralatan komputer yang maksimal antara lain di kelurahan dan kecamatan,” tuturnya. (anton/ys)