ADVERTISEMENT

Komandan Seskoal Terima Kenaikan Tingkat Khusus II Pencak Silat Merpati Putih

Senin, 30 September 2019 05:35 WIB

Share
Komandan Seskoal Terima Kenaikan Tingkat Khusus II Pencak Silat Merpati Putih

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

YOGYAKARTA -  Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI DR Amarulla Octavian  menerima penyematan Tingkatan Kehormatan Pendekar Pencak Silat dari Perguruan Pencak Silat Bela Diri Tangan Kosong (PPS Betako) Merpati Putih di Padepokan Parangkusumo, Yogyakarta (29/9/2019).

 Penyematan Tingkat Khusus II ini diberikan oleh Pewaris dan para Guru Besar Merpati Putih dalam Ujian Kenaikan Tingkat Nasional tahun 2019 yang diikuti oleh 129 peserta dari 41 cabang seluruh provinsi di Indonesia.

Tahapan ujian tersebut dimulai pada hari Kamis tanggal 26 September 2019 selama 4 hari diikuti oleh 55 peserta Tingkat Kombinasi II, 31 peserta Tingkat Khusus I, 33 peserta Tingkat Khusus II dan 10 peserta Tingkat Khusus III. Ujian kenaikan tingkat meliputi ujian tulis, ujian tata gerak, ujian getaran, dan ujian stamina menyusuri bukit sepanjang pantai Parangkusumo menuju Watu Lumbung pulang pergi. Ujian juga diberikan dalam bentuk perkelahian bebas dan pematahan benda-benda keras.

Danseskoal yang sekaligus Pembina Merpati Putih Cabang Khusus Dharma Wiratama Seskoal, mengungkapkan bahwa Pencak Silat Merpati Putih merupakan warisan luhur kekayaan budaya bangsa Indonesia yang telah menjadi olahraga bela diri wajib di Seskoal sebagai kegiatan ekstrakurikuler Program Studi Strategi Operasi Laut Program Magister Terapan.

“Ujian Kenaikan Tingkat para Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal telah dilaksanakan 2 minggu sebelumnya yang diikuti sebanyak 142 peserta naik dari Tingkat Dasar I ke Tingkat Dasar II. Selain para Perwira Mahasiswa, sebanyak 218 perwira, bintara, tamtama dan PNS Seskoal berhasil naik Tingkat Dasar II, Tingkat Balik I dan Tingkat Balik II,” lanjut Danseskoal.

Upacara penutupan tradisi dihadiri 1.035 pesilat berlangsung khidmat di tengah terik matahari seusai Pembajaan, Janji Alam dan Larung Strip.  Beberapa pejabat yang turut hadir adalah Wadanjen Kopassus Brigjen TNI Mohammad Hasan (naik Tingkat Khusus I), Sekmen Kemen PAN Drs. Dwi Wahyu Atmaji, MPA (naik Tingkat Kombinasi II, dan Sekda Provinsi Jawa Timur DR. Ir. Heru Tjahjono, MM (naik Tingkat Kombinasi II), dan Brigjen Pol Bonalubis naik Tingkat Khusus III. (ril/yp)

ADVERTISEMENT

Reporter: Admin Super
Editor: Admin Super
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT