POSKOTA.CO.ID - Bagi pengguna iPhone, mengalami kendala berupa hilangnya sinyal atau munculnya pesan 'Tidak Ada Layanan' tentu menjadi hal yang menjengkelkan.
Masalah ini bisa terjadi pada berbagai tipe iPhone, baik yang resmi maupun iPhone Inter atau Black Market (BM).
Sayangnya, masih banyak pengguna yang langsung panik dan buru-buru membawa iPhone ke service center tanpa mencoba langkah awal di rumah.
Padahal, yang dibutuhkan hanya ketelitian, kesabaran, dan mengikuti langkah-langkah tepat untuk me-reset jaringan atau mengecek komponen penting seperti kartu SIM.
Lantas, bagaimana cara mengatasi iPhone yang tidak mendapatkan sinyal? Simak panduan berikut ini dengan seksama.
Baca Juga: Cara Mudah Agar Debt Collector Tidak Bisa Deteksi Anda
Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan
Dikutip dari kanal YouTube Utep channel, pada Jumat, 25 April 2025, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi iPhone yang tidak ada layanan tanpa harus ke service center.
1. Aktifkan dan Nonaktifkan Mode Pesawat
Langkah pertama yang paling sederhana, silakan aktifkan dulu mode pesawat (airplane mode).
Caranya cukup mudah yakni, buka panel kontrol iPhone, lalu tekan ikon pesawat hingga menyala.
Tunggu beberapa detik, lalu matikan kembali mode pesawatnya. Tujuannya adalah untuk me-refresh jaringan agar iPhone mencoba mencari sinyal kembali.
2. Cek Pengaturan Data Seluler
Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah, masuk ke menu Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler.
Pada bagian ini, kamu akan menemukan opsi Roaming Data. Coba hidupkan dan matikan beberapa kali opsi ini, tujuannya agar sistem jaringan iPhone bisa ter-reset.
Jika belum ada perubahan, kamu bisa lanjut ke opsi Suara & Data, lalu ubah jaringan dari LTE ke 3G, atau sebaliknya.
Baca Juga: Cek NIK KTP Anda, Saldo Dana Bansos BPNT 2025 Tahap 2 Segera Disalurkan
3. Ulangi Kombinasi Mode Pesawat dan Pengaturan Jaringan
Setelah mengubah ke jaringan 3G, aktifkan kembali mode pesawat selama beberapa detik, lalu matikan kembali.
Biasanya iPhone akan secara otomatis mencoba mencari jaringan baru. Jika sudah, kamu bisa kembalikan jaringan ke LTE.
Langkah ini bisa kamu ulangi dua hingga tiga kali untuk memastikan sinyal benar-benar mencoba untuk tersambung ulang.
4. Cek Kartu SIM Fisik
Kalau cara-cara di atas belum berhasil, sekarang cabut kartu SIM dari iPhone kamu. Periksa bagian kuningan kartu SIM, apakah masih mulus atau sudah rusak/cacat.
Apabila sudah terlihat aus atau kotor, kemungkinan besar SIM card kamu bermasalah.
Solusinya? Datang ke gerai operator resmi (Grapari, Gerai XL, dsb.) untuk minta penggantian kartu SIM yang baru.
Jika semua cara di atas masih tidak berhasil, barulah kamu pertimbangkan membawa iPhone ke service center resmi Apple atau ke teknisi berpengalaman untuk pemeriksaan lebih lanjut.