POSKOTA.CO.ID - Anda tidak perlu cemas ketika debt collector (DC) pinjaman online (pinjol) mengirimkan pesan melalui WhatsApp (WA) atau SMS ketika Anda mengalami gagal bayar (galbay) atau terlambat membayar.
Sudah umum diketahui bahwa beberapa DC pinjol akan menagih utang nasabah yang telat membayar dengan mengirim pesan ke nomor ponsel, sehingga mereka tidak perlu datang langsung ke rumah atau tempat kerja.
Tentu saja, hal ini bisa mengganggu pikiran dan aktivitas sehari-hari Anda. Beberapa orang bahkan merasa terpaksa meminjam uang dari pinjol lain atau sumber lain untuk melunasi utang tersebut.
Namun, sebenarnya ada beberapa langkah aman yang bisa diambil untuk mengatasi pesan dari DC pinjol, sehingga Anda dapat terhindar dari teror atau spam penagihan yang mengganggu.
Tetapi Anda juga harus memahami bahwa galbay bukanlah tindakan yang dapat dibenarkan. Maka Anda disarankan untuk mengajukan pinjol sesuai dengan kemampuan atau penghasilan.
Lantas, bagaimana cara menghadapi spam pesan dari DC? Simak informasi selengkapnya berikut ini agar tidak panik atau resah.
Cara Mengatasi Spam Pesan dari DC Pinjol
Mengutip kanal YouTube SEKILAS PINJOL, berikut cara mudah menghadapi pesan DC pinjol saat galbay, dijamin aman bahkan tanpa tero.
1. Ganti Nomor Hp
Langkah pertama yang bisa diambil oleh nasabah yang terlambat membayar saat menerima pesan penagihan, terutama yang berupa spam, adalah dengan mengganti nomor hp.
“Paling efektf adalah menghentikan terornya dengan kalian mengganti nomor hp. Intinya kalian putus hubungan denga DC pinjol,” kata pemilik kanal YouTube SEKILAS Pinjol, dikutip pada Kamis, 24 April 2025.