POSKOTA.CO.ID - Pengguna YouTube perlu mengetahui fitur Dislike pada konten video. Banyak pengguna internet yang sudah familiar dengan berbagai fitur penilaian seperti like dan dislike.
Tombol dislike di YouTube merupakan ikon jempol ke bawah yang terletak di bawah video, berdampingan dengan tombol like.
Fitur ini digunakan untuk menunjukkan bahwa pengguna tidak menyukai atau tidak setuju dengan konten video yang sedang ditonton.
Jumlah dislike tidak dapat dilihat secara publik. Sejak akhir 2021, YouTube menyembunyikan total dislike untuk melindungi kreator dari potensi perundungan digital atau kampanye dislike massal. Hanya kreator video yang dapat melihat jumlah dislike secara penuh di YouTube Studio.
Baca Juga: Link Live Streaming Mobile Legends: MPL ID S14 Laga RRQ Hoshi vs Alter Ego di Channel YouTube Ini!
Pengguna juga bisa membatalkan dislike dengan mengklik tombol dislike sekali lagi.
Ada beberapa tujuan di balik peluncuran tombol Dislike di YouTube, seperti memberikan umpan balik kepada YouTube tentang preferensi konten, membantu algoritma untuk merekomendasikan video yang lebih relevan, dan menjadi bagian dari evaluasi kualitas konten bagi pembuat video secara internal.
Untuk menggunakan tombol dislike, berikut adalah panduan untuk penonton.
Cara menggunakan tombol dislike untuk penonton
- Masuk ke akun YouTube.
- Tonton video yang ingin diberi penilaian.
- Klik ikon Dislike di bawah video. Setelah diklik, ikon akan berubah warna untuk menandakan bahwa dislike sudah diberikan.
Cara mengecek jumlah Dislike di YouTube Studio untuk kreator: Kreator bisa melihat jumlah dislike dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
- Kunjungi YouTube Studio dan login menggunakan akun channel.
- Klik menu "Konten" di sebelah kiri (ikon kotak video).
- Cari dan klik judul video yang ingin dilihat statistiknya.
- Setelah masuk ke halaman video, pilih tab "Analytics" di bagian atas.
- Buka tab "Engagement" (Keterlibatan).
- Di dalam Analytics, klik tab Engagement, dan kreator akan melihat grafik interaksi pengguna.
- Jumlah dislike ditampilkan dalam bentuk rasio like-dislike atau bagian dari metrik engagement lainnya.
Baca Juga: Scroll Video di YouTube Bisa Raih Saldo DANA Rp450.000, Cek Caranya di Sini
Itulah cara kreator memanfaatkan fitur Dislike di YouTube untuk mengevaluasi konten mereka.