POSKOTA.CO.ID - Pemerintah melakukan berbagai upaya demi kelancaran proses panyaluran bantuan sosial (bansos) hingga sampai ke tangan penerima.
Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) menjadi salah satu bansos reguler yang dicairkan secara rutin setiap tahunnya bersama Program Keluarga Harapan (PKH).
Saat ini, proses penyaluran sudah memasuki tahap 2. Untuk mengetahui informasi status penerima manfaat, KPM dapat melakukan pengecekan secara mandiri.
Pengecekan bansos di era serba digital ini menjadi sangat mudah. Masyarakat hanya membutuhkan perangkat elektronik beserta jaringan internet saja.
Baca Juga: Cara Cek Penerima Dana Bansos PIP Termin 1 22025 Pakai NISN Lewat Link Terbaru!
Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)
BPNT merupakan bansos yang disalurkan untuk membantu kebutuhan pangan keluarga miskin atau rentan miskin di berbagai daerah di Indonesia.
Program ini bertujuan untuk membantu kesejahteraan masyarakat, membantu meninkatkan gizi keluarga, serta mengurangi beban pengeluaran mereka.
Setiap keluarga penerima manfaat mendapatkan bantuan sebesar Rp600.000 alokasi penyaluran tiga bulan sekaligus untuk membeli bahan pokok makanan.
Saldo tersebut masuk ke rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Penerima manfaat dapat mencairkannya di mesin ATM terdekat.
Baca Juga: Manfaatkan NIK KTP Anda untuk Dapat Benefit Bansos 2025 dari Pemerintah, Begini Caranya
Namun, beberapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masih mencairkan bansos BPNT di kantor Pos Indonesia karena belum memiliki rekening KKS.