POSKOTA.CO.ID - Banyak orang tua siswa merasa bingung dan khawatir ketika bantuan sosial (bansos) pendidikan seperti Program Indonesia Pintar (PIP) sebesar Rp900 ribu tak kunjung cair.
Padahal, salah satu program bansos dari pemerintah ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan pendidikan anak-anak sekolah dari keluarga yang kurang mampu.
Jika Anda termasuk salah satu penerima yang belum menerima bantuan saldo dana bansos PIP tersebut, ada baiknya memahami terlebih dahulu penyebab dan solusi yang bisa dilakukan.
Baca Juga: Pencairan Bansos PKH dan BPNT Tahap 2 2025 Dipercepat, Cek Informasi NIK e-KTP Anda di Sini!
Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan inisiatif pemerintah untuk membantu anak-anak dari keluarga kurang mampu agar bisa terus menempuh pendidikan.
Melalui bantuan tunai yang disalurkan setiap tahun, siswa dari jenjang SD hingga SMA/SMK mendapat dukungan finansial guna meringankan beban biaya sekolah. Namun, dalam proses pencairannya, tak jarang muncul kendala yang membuat dana tidak segera diterima oleh penerima.
Dalam artikel ini, Poskota akan membahas secara lengkap apa saja penyebab bantuan PIP sebesar Rp900 ribu gagal cair, serta bagaimana cara mudah untuk mengecek status penerima bantuan.
Penyebab Dana PIP Rp900 Ribu Gagal Cair
1. Data Siswa Belum Terverifikasi di Dapodik
Salah satu penyebab utama gagalnya pencairan dana PIP adalah data siswa yang belum terverifikasi atau tidak sinkron dalam sistem Dapodik (Data Pokok Pendidikan).
Ketika sekolah belum menginput atau memperbarui data siswa secara benar dan lengkap, maka sistem Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak bisa melanjutkan proses penyaluran dana bantuan.
2. Rekening Belum Aktif atau Tidak Cocok dengan Data Dapodik
Dana bantuan PIP disalurkan langsung ke rekening siswa penerima. Namun, pencairan bisa gagal jika rekening yang digunakan belum diaktifkan atau terdapat ketidaksesuaian nama antara data rekening dan data yang tercatat di Dapodik.