Beberapa pinjol memiliki kebijakan diskon yang hanya berlaku bagi debitur yang aktif mengajukan permohonan keringanan dan terbuka dengan kondisi keuangannya.
3. Ajukan Keringanan Secara Berkala
Proses pengajuan keringanan tidak akan berhasil jika Anda hanya sekali mengajukan permohonan.
Anda harus melakukan pengajuan secara berkala setiap kali ada penagihan. Dengan cara ini, Anda memberi tahu pihak pinjol bahwa ingin menyelesaikan masalah hutang, tetapi membutuhkan waktu atau bantuan finansial untuk melunasinya.
Setiap kali ada penagihan atau pengingat dari pinjol, selalu coba ajukan permohonan untuk mendapatkan keringanan atau pengurangan bunga.
Mungkin dibutuhkan waktu dan usaha yang lebih, tetapi jika Anda konsisten, ada kemungkinan Anda bisa mendapatkan tawaran yang lebih baik.
Namun, perlu diingat bahwa proses ini bisa memakan waktu lama. Biasanya, pinjol baru akan memberikan keringanan ketika utang sudah sangat menumpuk dan Anda telah berusaha melakukan pembayaran secara berkala.
Jangan harap bisa mendapatkan keringanan jika Anda baru terlambat beberapa hari atau satu bulan.
4. Waspadai Penawaran yang Terlalu Cepat
Saat Anda mengalami kesulitan dalam membayar pinjaman, ada banyak tawaran yang bisa datang melalui pesan atau telepon, yang mengklaim bisa memberikan solusi cepat.
Jangan mudah percaya dengan tawaran semacam ini, karena banyak penipuan yang mengatasnamakan pinjol untuk menipu orang yang sedang membutuhkan bantuan.
Jika Anda mendapatkan tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, selalu cek terlebih dahulu kredibilitasnya.
Pinjol resmi tidak akan menawarkan keringanan atau diskon tanpa ada proses yang jelas. Selalu periksa nomor kontak atau pihak yang menawarkan keringanan tersebut.
5. Bersiap dengan Keputusan Pinjol dan Rencana Pembayaran
Apabila setelah beberapa waktu pihak pinjol menawarkan keringanan, Anda harus siap dengan keputusan tersebut.