Sekarang ini link pengecekan data PIP beralih menjad pip.dikdasmen.go.id, begini cara ceknya:
- Siapkan NISN dan NIK: pengecekan data penerima PIP membutuhkan data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang ada di rapor siswa dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di KTP dan KK.
- Kunjungi web resminya: Buka aplikasi browser dan masuk ke situs resmi pip.dikdasmen.go.id.
- Lanjut isi data siswa: Masukkan data penting siswa berupa NISN dan NIK pada kolom yang tersedia.
- Cari data: Setelah itu bisa klik tombol "CEK" untuk melihat data siswa penerima PIP.
Jika sudah terdaftar sebagai penerima, berikutnya tinggal menunggu pencairan saldo yang ditransfer ke rekening SimPel (Simpanan Pelajar).
Bagi yang belum melakukan aktivasi bisa pastikan telebih dulu rekening telah berhasil didaftarkan, rekening SimPel ini akan menerima saldo sesuai jadwal pencairan yang berlangsung.
Tips Pengecekan PIP Kemdikbud
Bagi siswa atau orang tua dan wali yang ingin mengecek penerimaan bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) ini, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:
- Pastikan data NISN dan NIK telah sesuai ketika mengecek melalui web pip.dikdasmen.go.id.
- Cek status secara berkala untuk memastikan menjadi penerima bansos PIP.
- Jika menemui kendala ketika melakukan pengecekan atau pencairan, segera hubungi call center atau email resmi PIP untuk segera mendapat bantuan.
Itulah tadi cara pengecekan penerima manfaat bansos PIP dari pemerintah. Pastikan data sudah aktif menjadi penerima untuk mendapatkan pencairan bansos.
Dengan mengikuti prosedur yang tepat, masyarakat dan anak sekolah bisa memastikan data valid penerima manfaat bansos PIP 2025.
Kabar baiknya di bulan April 2025 ini masih dalam periode pencairan bansos PIP termin 1, jadi siap-siap bagi siswa yang terdaftar akan segera menerima saldo lewat rekening SimPel.