Telkom Solution Hadirkan Solusi Digital untuk Segmen Market Enterprise Business

Selasa 25 Mar 2025, 19:18 WIB
OVP Enterprise Marketing & Regional Management Telkom Reni Yustiani, OVP Enterprise Product Development Telkom Tanto Suratno, dan VP Corporate Communication Telkom Andri Herawan Sasoko. (Sumber: Dok. Telkom Indonesia)

OVP Enterprise Marketing & Regional Management Telkom Reni Yustiani, OVP Enterprise Product Development Telkom Tanto Suratno, dan VP Corporate Communication Telkom Andri Herawan Sasoko. (Sumber: Dok. Telkom Indonesia)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Telkom Solution terus memperkuat perannya sebagai penyedia solusi digital terdepan untuk market B2B di Indonesia.

Kehadiran Telkom Solution menjadi langkah strategis bagi Telkom untuk mendominasi pasar B2B yang potensinya masih terbuka lebar, seperti segmen swasta (private sector), BUMN, dan pemerintah.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Venusiana menjelaskan, Telkom Solution fokus pada tiga solusi unggulan dengan layanan yang lebih inovatif dan terintegrasi, meliputi Connectivity+, Cyber Security, dan Artificial Intelligence (AI).

“Telkom Solution merupakan bentuk komitmen kami dalam menyediakan layanan digital yang relevant dengan kebutuhan market B2B saat ini. Kami ingin memastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan solusi terbaik dalam mendukung transformasi digital mereka.” ujar Venusiana dalam keterangan resmi, Selasa, 25 Maret 2025.

Baca Juga: TelkomGroup Akan Mengintegrasikan Teknologi LlaMa Meta

OVP Enterprise Marketing & Regional Management Telkom, Reni Yustiani melanjutkan, potensi market B2B di Indonesia masih terbuka lebar. Menurutnya, terdapat 136 grup usaha atau konglomerasi bisnis dengan jaringan afiliasi lebih dari 4.800 di segmen swasta yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Selain menggarap market konglomerasi perusahaan swasta, Telkom Solution siap mendukung akselerasi digitalisasi di 12 klaster BUMN, 48 kementerian, 120 lembaga pemerintah dan 553 pemerintah daerah,” ucap dia.

Reni menambahkan, kehadiran Telkom Solution semakin memperkuat posisi TelkomGroup sebagai pemimpin dalam penyediaan solusi digital di berbagai sektor bisnis, serta mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia.

“Segmen B2B Telkom dibagi menjadi dua. Untuk segmen market small medium enterprise (SME) menggunakan brand Indibiz. Sedangkan untuk market enterprise businesses seperti pemerintah, BUMN, dan swasta yang membutuhkan solusi digital yang lebih advanced, kami menggunakan brand Telkom Solution,” ujarnya saat menjabarkan perbedaan Telkom Solution dan Indibiz di market B2B Telkom.

Baca Juga: Telkom Cirebon Gencar Kenalkan Layanan NeuCentrIX ke Pelanggan Bisnis Priangan Timur

Sementara itu, OVP Enterprise Product Development Telkom, Tanto Suratno menyampaikan Connectivity+ adalah layanan konektivitas yang terintegrasi secara end-to-end yang didukung layanan SD-WAN, Cloud, Data Center, dan IT Services untuk meningkatkan kapabilitas operasional bisnis pelanggan B2B.

Berita Terkait

News Update