Beberapa Relawan saat melakukan kegiatan gotong royong mengecat pagar masjid bersama masyarakat setempat di Desa Banyuasin, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu, 15 Maret 2025. (Sumber: Dok. Telkom)

EKONOMI

Telkom Wujudkan Tanggung Jawab ESG di Desa Banyuasin Lewat Sobat Aksi BUMN 2025

Rabu 19 Mar 2025, 17:27 WIB

BANGKA, POSKOTA.CO.ID - Telkom Daerah Pangkalpinang (Telda Pangkalpinang) berkomitmen mendukung prinsip-prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), melalui program bertajuk "Sobat Aksi BUMN 2025" di Desa Banyuasin, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu, 15 Maret 2025.

Kegiatan ini tidak hanya menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat, tetapi bagian dari upaya Telkom Indonesia untuk berbagi kebahagiaan dan memberikan dukungan kepada masyarakat, khususnya pada Ramadhan. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Head of Telkom Daerah Pangkalpinang Bambang Eko Surya, Kepala Desa Banyuasin Rohmi, dan Ketua Yayasan Al Ikhlas Sobirin.

Program "Sobat Aksi BUMN 2025" juga turut mengikutsertakan sembilan karyawan Telkom sebagai relawan dalam rangka untuk meningkatkan loyalitas dan semangat karyawan, serta menciptakan budaya perusahaan yang lebih baik dengan meningkatkan empati dan kepedulian sosial melalui beberapa kegiatan yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat setempat.

Fokus utama kegiatan ini, adalah mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Banyuasin. Para karyawan Telkom membentuk ekosistem bazar UMKM dengan memberikan bantuan modal belanja kepada para pelaku UMKM dan ikut serta dalam proses pembelian bahan baku, produksi, hingga membangun tenda bazar sebagai sarana berjualan.

Baca Juga: TelkomGroup Jamin Layanan Telekomunikasi Optimal saat Ramadhan dan Idul Fitri

Langkah ini sejalan dengan pilar Social dalam ESG yang menitikberatkan pada tanggung jawab sosial perusahaan terhadap komunitas dan pemberdayaan ekonomi lokal.

Selain itu, dilakukan kegiatan gotong royong untuk lingkungan yang lebih baik dengan mengecat pagar masjid bersama masyarakat setempat. Para karyawan Telkom bersama warga Desa Banyuasin melakukan pengecatan tembok pagar masjid dan memberikan fasilitas pendukung, seperti kipas angin dan alat kebersihan.

Ini mencerminkan pilar Environmental dalam ESG yang berfokus pada bagaimana perusahaan mengelola dampaknya terhadap lingkungan.

Selanjutnya sebanyak 12 anak yatim dari Desa Banyuasin diajak berbelanja pakaian baru dan bermain di area bermain swalayan di kota Pangkalpinang. Mereka juga diajak berjalan-jalan keliling kota untuk memberikan mereka pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan. Kegiatan ini mendukung pilar Social dalam ESG dengan memberikan perhatian khusus kepada anak-anak yang membutuhkan dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Baca Juga: Telkom Kembangkan Desa Wisata Berbasis Konservasi di Desa Kramat Purbalingga

Tidak hanya itu, sebanyak 28 orang dhuafa menerima bantuan sembako yang dibagikan langsung oleh karyawan Telkom. Ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk mendukung pilar Social dalam ESG yang menekankan pentingnya tanggung jawab sosial dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami percaya bahwa penerapan ESG yang baik akan memberikan dampak positif bagi perusahaan dan masyarakat. Melalui kegiatan ini, kami ingin menunjukkan bahwa Telkom tidak hanya fokus pada keuntungan bisnis, tetapi juga peduli terhadap kesejahteraan rakyat dan lingkungan," kata Head of Telkom Daerah Pangkalpinang Bambang Eko Surya.

Program Sobat Aksi Ramadan hadir sebagai wujud kepedulian BUMN terhadap masyarakat, dengan fokus pada berbagi kebahagiaan dan membantu mereka yang membutuhkan di bulan suci Ramadan. Kegiatan ini sejalan dengan prinsip-prinsip ESG yang mendukung keberlanjutan, tanggung jawab sosial, dan tata kelola yang baik dalam setiap aspek operasional perusahaan.

Tags:
Bangka Belitung Telkom IndonesiaTelkom Daerah Pangkalpinang

Tim Poskota

Reporter

Febrian Hafizh Muchtamar

Editor