Konferensi Pers Kesiapan TelkomGroup dalam rangka Ramadan dan Idul Fitri 2025 di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa, 18 Maret 2025. (Sumber: Dok. Telkom)

EKONOMI

TelkomGroup Jamin Layanan Telekomunikasi Optimal saat Ramadhan dan Idul Fitri

Selasa 18 Mar 2025, 21:45 WIB

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memastikan kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital berjalan optimal guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama momen Ramadan dan Idul Fitri 1446H di seluruh wilayah Indonesia.

TelkomGroup melakukan berbagai inisiatif strategis mulai dari penguatan infrastruktur dan layanan digital, penyiapan dan optimalisasi sumber daya, hingga berbagi kebahagiaan melalui berbagai kegiatan sosial. Seluruh langkah ini sejalan dengan misi Asta Cita pemerintahan RI untuk mendorong terwujudnya inklusivitas digital, mengakselerasi transformasi digital, dan meningkatkan ekonomi digital di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dalam Konferensi Pers Kesiapan TelkomGroup di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa, 18 Maret 2025. Konferensi Pers dipandu oleh Juru Bicara Kementerian BUMN RI Putri Violla dan turut dihadiri Direktur Network and IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, serta Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit.

"Kami memahami bahwa periode Ramadan dan Idulfitri merupakan momen dengan kebutuhan komunikasi yang sangat tinggi, baik untuk silaturahmi, menikmati beragam hiburan digital, melakukan berbagai transaksi digital, dan aktivitas digital lainnya. Serta adanya imbauan working from anywhere (WFA) dan perpanjangan libur lebaran membuat kebutuhan internet akan semakin meningkat. Untuk itu, kami berkomitmen penuh untuk menjaga kualitas layanan prima dengan memastikan jaringan yang optimal, kapasitas yang memadai, serta menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia agar dapat menjalani momen istimewa ini dengan lancar dan nyaman," kata Ririek.

Baca Juga: Ketua Komisi VI DPR Apresiasi Langkah Strategis Telkom Perkuat Ekosistem Data Center Indonesia

Kenyamanan pelanggan, baik pelanggan retail (Business-to-Consumer/B2C) maupun segmen korporasi (Business-to-Business/B2B) selama Ramadhan dan Idul Fitri 2025 senantiasa menjadi prioritas dan fokus utama bagi perusahaan. Saat ini, TelkomGroup memiliki 158,4juta pelanggan Telkomsel, 9,69juta pelanggan IndiHome, 590ribu pelanggan UMKM, 2.300 pelanggan korporasi, dan 700 pelanggan pemerintahan.

TelkomGroup juga telah melakukan penyiapan infrastruktur dan IT Tools yang optimal, di antaranya kesiapan jalur trafik internasional melalui gateway Batam dan Manado dengan 14 infrastruktur kabel laut Telkom yang beroperasi secara redundant.

Pada periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini diproyeksikan terjadi lonjakan trafik broadband menjadi sebesar 20,35 Tbps atau meningkat 28 persen dari periode sebelumnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal tersebut, TelkomGroup melakukan peningkatan kapasitas jaringan menjadi sebesar 58,4 Tbps atau naik 11 persen daripada tahun sebelumnya.

“Ramadhan dan Idul Fitri adalah momen istimewa untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan. Kami akan memastikan kelancaran dan kenyamanan seluruh aktifitas digital masyarakat Indonesia. Serta mewakili keluarga besar TelkomGroup, kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga kita semua diberikan kesehatan. Bagi yang mudik, utamakan keselamatan agar perjalanan menuju kampung halaman lancar dan penuh kebahagiaan. Tidak lupa kami ucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri, Mohon maaf lahir dan batin, semoga di hari kemenangan nanti dapat membawa keberkahan bagi kita semua,” ujarnya.

Baca Juga: Telkom Kembangkan Desa Wisata Berbasis Konservasi di Desa Kramat Purbalingga

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama Telkomsel, Nugroho mengatakan, siap mendukung penuh kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital selama Ramadan dan Idul Fitri.

Dengan peningkatan kapasitas jaringan yang lebih andal disertai dengan kemudahan layanan dan promo terbaik bagi pelanggan mobile maupun fixed broadband, TelkomGroup berupaya memastikan kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan digital terbaik di setiap momen Ramadhan dan Idul Fitri. TelkomGroup dan Kementerian BUMN berkomitmen menghadirkan solusi konektivitas yang tidak hanya andal.

Demi meningkatkan pengalaman terbaik pelanggan, TelkomGroup telah memetakan serta melakukan pengamanan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di 476 PoI (Point of Interest) atau titik keramaian yang mencakup kawasan wisata dan pusat perbelanjaan, transportasi publik meliputi bandara, pelabuhan, dan stasiun, jalur mudik termasuk rest area dan SPBU, perumahan, serta fasilitas rumah ibadah. TelkomGroup melakukan penguatan lebih dari 234ribu BTS 4G dan 5G Telkomsel.

Pelanggan TelkomGroup dapat menikmati layanan 5G di 56 kota seluruh Indonesia. Trafik data diperkirakan meningkat hingga 16 persen daripada periode sebelumnya atau 13.16 persen daripada hari normal, dengan total payload mencapai 69.14 PetaBytes(PB) pada puncak Ramadhan dan Idul Fitri 2025.

Baca Juga: Cara Tukar Poin Telkomsel Jadi Saldo DANA, Klaim Sekarang Sebelum Hangus

Demi memastikan keandalan seluruh infrastruktur dan layanan digitalnya, TelkomGroup telah melakukan pengujian melalui rehearsal network dan drive test di lebih dari 17ribu km jalan utama, jalan tol, jalur kereta, serta jalur penyeberangan kapal. TelkomGroup juga telah melakukan uji ketahanan (stress test), pengujian ketersediaan jaringan (availability), pemantauan stabilitas koneksi, serta peningkatan cyber-security pada seluruh sistem.

Selain itu, keandalan infrastruktur dan layanan digital TelkomGroup dijaga melalui monitoring secara berkala yang dilakukan di 57 Posko RAFI, meliputi posko nasional, regional, daerah, divisi fungsi, hingga anak perusahaan. Sebanyak 480 personel posko bertugas 24/7 mulai 26 Maret hingga 8 April 2025 dan melibatkan 9.000 teknisi lapangan yang merupakan kolaborasi terintegrasi TelkomGroup di seluruh Indonesia. Monitoring layanan dilakukan dengan dukungan berbagai aplikasi dan perangkat, serta mekanisme laporan rutin secara harian ke posko nasional.

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan di momen penuh kebahagiaan, TelkomGroup menghadirkan beragam penawaran menarik yang dirancang khusus bagi pelanggan, seperti Paket Serba Lima Ribu Sahur, Smartphone Baru Ramadan Ceria (Halo Device Bold Spesial Ramadan), Open Channel IndiHomeTV #SelaluMenemani Ramadan, Paket Dynamic Telkomsel One, Paket Hemat Mudik, Surprise Deal Ramadan, Promo Langganan IndiHome, Promo Paket Youtube Premium, dan berbagai penawaran lainnya.

Tidak hanya berfokus pada kesiapan dan infrastruktur digital, TelkomGroup juga memaknai momentum Ramadhan dan Idul Fitri 2025 untuk berbagi dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Hal ini diwujudkan lewat berbagai inisiatif kegiatan sosial, di antaranya pemberian santunan kepada 1.000 anak yatim piatu, bantuan 100 komputer dan akses internet yang diberikan kepada sekolah, madrasah, dan pesantren sebagai upaya mendukung pemerataan akses pendidikan digital, serta pemberian santunan kepada 1.000 dhuafa dan disabilitas.

Inisiatif ini sejalan dengan komitmen TelkomGroup dalam mendukung pembangunan sosial dan memperkuat nilai kebersamaan, khususnya di momen penuh berkah ini.

Tags:
TelkomselIdul Fitri 1446 HRamadhanTelkom Indonesia

Tim Poskota

Reporter

Febrian Hafizh Muchtamar

Editor