JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memastikan kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital berjalan optimal guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama momen Ramadan dan Idul Fitri 1446H di seluruh wilayah Indonesia.
TelkomGroup melakukan berbagai inisiatif strategis mulai dari penguatan infrastruktur dan layanan digital, penyiapan dan optimalisasi sumber daya, hingga berbagi kebahagiaan melalui berbagai kegiatan sosial. Seluruh langkah ini sejalan dengan misi Asta Cita pemerintahan RI untuk mendorong terwujudnya inklusivitas digital, mengakselerasi transformasi digital, dan meningkatkan ekonomi digital di Indonesia.
Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dalam Konferensi Pers Kesiapan TelkomGroup di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa, 18 Maret 2025. Konferensi Pers dipandu oleh Juru Bicara Kementerian BUMN RI Putri Violla dan turut dihadiri Direktur Network and IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, serta Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit.
"Kami memahami bahwa periode Ramadan dan Idulfitri merupakan momen dengan kebutuhan komunikasi yang sangat tinggi, baik untuk silaturahmi, menikmati beragam hiburan digital, melakukan berbagai transaksi digital, dan aktivitas digital lainnya. Serta adanya imbauan working from anywhere (WFA) dan perpanjangan libur lebaran membuat kebutuhan internet akan semakin meningkat. Untuk itu, kami berkomitmen penuh untuk menjaga kualitas layanan prima dengan memastikan jaringan yang optimal, kapasitas yang memadai, serta menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia agar dapat menjalani momen istimewa ini dengan lancar dan nyaman," kata Ririek.
Baca Juga: Ketua Komisi VI DPR Apresiasi Langkah Strategis Telkom Perkuat Ekosistem Data Center Indonesia
Kenyamanan pelanggan, baik pelanggan retail (Business-to-Consumer/B2C) maupun segmen korporasi (Business-to-Business/B2B) selama Ramadhan dan Idul Fitri 2025 senantiasa menjadi prioritas dan fokus utama bagi perusahaan. Saat ini, TelkomGroup memiliki 158,4juta pelanggan Telkomsel, 9,69juta pelanggan IndiHome, 590ribu pelanggan UMKM, 2.300 pelanggan korporasi, dan 700 pelanggan pemerintahan.
TelkomGroup juga telah melakukan penyiapan infrastruktur dan IT Tools yang optimal, di antaranya kesiapan jalur trafik internasional melalui gateway Batam dan Manado dengan 14 infrastruktur kabel laut Telkom yang beroperasi secara redundant.
Pada periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini diproyeksikan terjadi lonjakan trafik broadband menjadi sebesar 20,35 Tbps atau meningkat 28 persen dari periode sebelumnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal tersebut, TelkomGroup melakukan peningkatan kapasitas jaringan menjadi sebesar 58,4 Tbps atau naik 11 persen daripada tahun sebelumnya.
“Ramadhan dan Idul Fitri adalah momen istimewa untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan. Kami akan memastikan kelancaran dan kenyamanan seluruh aktifitas digital masyarakat Indonesia. Serta mewakili keluarga besar TelkomGroup, kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga kita semua diberikan kesehatan. Bagi yang mudik, utamakan keselamatan agar perjalanan menuju kampung halaman lancar dan penuh kebahagiaan. Tidak lupa kami ucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri, Mohon maaf lahir dan batin, semoga di hari kemenangan nanti dapat membawa keberkahan bagi kita semua,” ujarnya.
Baca Juga: Telkom Kembangkan Desa Wisata Berbasis Konservasi di Desa Kramat Purbalingga
Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama Telkomsel, Nugroho mengatakan, siap mendukung penuh kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital selama Ramadan dan Idul Fitri.