POSKOTA.CO.ID - Platform digital kini menjadi cara yang digunakan untuk menghasilkan uang dengan jualan online.
Namun, selain mengenal platform yang baik untuk berjualan online, pelaku usaha juga penting untuk melakukan konsep fundamental melalui marketing.
Marketing funnel bisa membantu Anda untuk melakukan efektivitas iklan untuk memahami pasar Anda hingga pembeli memutuskan untuk membeli barang yang Anda jual di media sosial.
Mengutif dari kanal YouTube Raymond Chin, berikut ini adalah strategi marketing jualan online yang bisa membantu meningkatkan efektivitas pemasaran digital untuk produk Anda.
Baca Juga: Mau Bisnis Makin Modern? Begini Cara Membuat QRIS DANA untuk Transaksi Non Tunai
Mengapa Marketing Funnel Itu Penting?
Banyak orang berpikir bahwa marketing hanyalah soal memiliki produk, lalu mempromosikannya di berbagai platform lalu berharap ada yang membeli.
Namun, kenyataannya tidak sesederhana itu, karena ketika pembeli melihat iklan dari sebuah brand baru, mereka akan jarang langsung membeli.
Karena itulah marketing funnel penting diterapkan untuk memahami perjalanan customer dari pertama kali mengenal brand Anda hingga akhirnya membeli dan menjadi pelanggan setia.
Baca Juga: Cara Jadi Agen BRILink, Peluang Bisnis untuk Anda
Tahapan Marketing Funnel
1. Awareness
Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah meskipun banyak platform online sepeti sekarang ini. Jika Anda baru memulai bisnis, trik yang perlu Anda terapkan adalah fokus pada awareness.
Anda harus bisa membuat calon pelanggan mengenal brand dan produk Anda dengan cara tidak langsung menawarkan produk atau memberikan diskon untu membangun kesadaran terlebih dahulu.
Pada tahap ini, strategi terbaik adalah menggunakan iklan di platform seperti Instagram dan Facebook Ads, lalu membuat konten informatif yang menarik perhatian.
Usahakan untuk konsisten membangun cerita brand agar calon pelanggan mulai mengenal produk yang Anda pasarkan.
Baca Juga: Cara Ajukan Kredit Kendaraan di Bank Mandiri, Apa Saja Syarat yang Perlu Dipersiapkan?
2. Consideration
Di tahap ini, calon pelanggan kan mulai penasaran dan mulai mencari informasi lebih lanjut, bisa dengan mengunjungi website atau media sosial Anda.
Nah saat inilah kesempatan Anda untuk memberikan edukasi lebih dalam tentang manfaat produk, serta menampilkan testimoni pelanggan untuk membangun kepercayaan.
3. Conversion
Setelah calon pelanggan tertarik, langkah selanjutnya adalah memastikan mereka melakukan pembelian.
Anda bisa menerapkan promo menarik, menggunakan retargeting ads, hingga menyediakan Customer Service (CS).
Baca Juga: Begini Cara Mengaktifkan Fitur Pinjaman DANA Cicil dari Aplikasi DANA
4. Loyalty
Untuk membangun loyalitas brand Anda dengan pembeli Anda bisa menggunakan Customer Relationship Management (CRM), yaitu strategi bisnis untuk mengelola komunikasi dengan pelanggan.
5. Advocacy
Tahap tertinggi dari marketing funnel adalah di mana pelanggan secara sukarela merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.
Cara ini adalah bentuk marketing gratis yang paling efektif, karen pelanggan baru bisa mendapatkan testimoni dari orang yang sudah menggunakan brand Anda.
Cara ini bisa menumbuhkan kepercayaan yang lebih kuat untuk pelanggan baru yang tertarik dengan produk Anda.
Baca Juga: Mudah Banget! Begini Cara Transfer Saldo GoPay ke ShopeePay untuk Belanja Wishlist Favorit
Dengan memahami trik dari tahapan marketing ini, Anda bisa membangun strategi yang jauh lebih efektif untuk mengoptimalkan bisnis online.
Bila Anda bisa menerapkan trik marketing ini, bisnis yang Anda jalani akan semakin untuk dan tentunya menjanjikan.