PLN UID Jabar Pastikan Gardu Distribusi Pulih 100 Persen Pascabanjir

Kamis 06 Mar 2025, 13:36 WIB
Petugas PLN UID Jabar saat membetulkan listrik di rumah warga. (Sumber: Dok. PLN UID Jabar)

Petugas PLN UID Jabar saat membetulkan listrik di rumah warga. (Sumber: Dok. PLN UID Jabar)

BANDUNG, POSKOTA.CO.ID – Setelah melakukan pemulihan bertahap seusai banjir di beberapa wilayah Jawa Barat (Jabar), PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jabar memastikan bahwaseluruh Gardu Distribusi telah pulih dan siap mengalirkan listrik ke pelanggan, Kamis, 6 Maret 2025, pukul 00.25 WIB.

Namun, saat ini masih terdapat 1.400 pelanggan di sebagian wilayah Karawang dan Bekasi yang belum dialiri listrik, karena lokasi masih tergenang air dan instalasi kelistrikan pelanggan perlu dipastikan aman sebelum diaktifkan.

General Manager PLN UID Jawa Barat, Agung Murdifi menegaskan, PLN mengedepankan aspek keselamatan pelanggan dalam proses pemulihan kelistrikan selepas banjir.

"Seluruh sistem kelistrikan di Jawa Barat telah kembali normal, namun kami masih menunggu kondisi aman di lokasi pelanggan yang masih terdampak. Saat ini, sekitar 1.400 pelanggan belum dapat dialiri listrik karena masih ada genangan air dan instalasi pelanggan perlu dipastikan layak sebelum diberi tegangan. PLN siap melakukan penyalaan kembali begitu kondisi memungkinkan," ujar Agung dalam keterangan resmi, Kamis, 6 Maret 2025.

Baca Juga: 100 Persen Menyala, PLN Pulihkan Kelistrikan Pasca-banjir Jakarta

Banjir di Jabar dalam beberapa hari terakhir memaksa PLN melakukan pemadaman sementara pada 868 gardu distribusi untuk menghindari potensi bahaya listrik bagi masyarakat.

Setelah air surut, PLN memeriksa infrastruktur kelistrikan, termasuk gardu distribusi dan jaringan listrik, guna memastikan seluruh sistem aman sebelum dilakukan penyalaan kembali.

PLN juga telah menerjunkan lebih dari 261 personel siaga yang bekerja 24 jam guna percepatan pemulihan listrik bagi pelanggan terdampak. Koordinasi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait terus dilakukan agar proses pemulihan berjalan lancar.

PLN mengimbau pelanggan yang masih terdampak untuk segera memastikan instalasi listrik di rumah pelanggan sudah dalam kondisi aman sebelum listrik kembali dinyalakan.

Baca Juga: PLN Gerak Cepat Salurkan Bantuan Korban Banjir

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum menghubungi PLN untuk penyalaan kembali:

  • Pastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah
  • Periksa instalasi listrik secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada kerusakan akibat banjir.
  • Jika diperlukan, lakukan pemeriksaan oleh teknisi listrik yang berkompeten untuk memastikan keamanan instalasi.
  • Laporkan ke PLN melalui PLN Mobile atau Contact Center 123 setelah instalasi dinyatakan aman untuk penyalaan kembali.
Berita Terkait
News Update