POSKOTA.CO.ID - Aplikasi DANA menjadi salah satu dompet digital yang digunakan masyarakat Indonesia karena memiliki kemudahan dalam dalam berbagai transaksi, khususnya pembayaran digital.
Namun, kemudahan ini disertai dengan kerentanan terhadap saldo DANA yang hilang karena kejahatan siber yang bisa terjadi kepada siapa saja.
Apabila Anda mendapati saldo DANA hilang secara mendadak, tidak perlu panik. Sebaliknya, Anda harus segera cek riwayat transaksi di aplikasi DANA.
Pastikan tidak ada transaksi mencurigakan yang dilakukan. Cek detail transaksi, seperti tanggal, waktu, nominal, dan penerima.
Jika menemui transaksi yang tidak Anda kenali, Anda bisa segera melaporkannya kepada pihak DANA dengan cara berikut ini:
Cara Melaporkan Saldo DANA Hilang
Jika saldo Anda menghilang bukan karena kesalahan pribadi, segera hubungi DANA dengan mengikuti langkah-langkah ini:
- Akses chatbot DIANA, asisten virtual DANA yang tersedia di aplikasi.
- Jika tidak berhasil, Anda dapat mengirim email ke [email protected] dengan menyertakan bukti masalah yang Anda hadapi.
- Jika kedua cara tersebut tidak berhasil, hubungi nomor 1500 720 untuk melaporkan masalah secara langsung.
Saat melaporkan, pastikan Anda menyertakan informasi yang jelas mengenai kronologi kejadian, tangkapan layar mutasi rekening, dan bukti lain yang mendukung.
Proses pengembalian dana tergantung pada penyebab hilangnya saldo, apakah akun Anda terdaftar dalam DANA Protection atau tidak.
Namun, perlu dicatat bahwa beberapa skenario tidak tercakup oleh DANA Protection, seperti kelalaian pengguna, penipuan (scam), phishing, dan transaksi mencurigakan lainnya.