POSKOTA.CO.ID - Belum tahu bagaimana cara mencairkan subsidi dana bansos BPNT 2025 dari kantor Pos? Simak panduan lengkapnya dalam artikel ini.
Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan pangan yang diberikan pemerintah kepada sejumlah masyarakat yang masuk ke dalam kategori keluarga rentan miskin di Indonesia.
Berdasarkan informasi dari situs resmi Kementerian Sosial, bantuan ini disalurkan dengan tujuan untuk membantu keluarga yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hariannya.m
Jadi, program bansos BPNT ini menjadi upaya pemerintah untuk membantu meringankan beban pengeluaran masyarakat agar bisa membeli kebutuhan pangan hariannya.
Pada awal tahun ini, bansos BPNT Tahap 1 cair untuk jatah tiga bulan sekaligus, yakni untuk bulan Januari, Februari, dan Maret.
Nominal bantuan yang diterima KPM, yaitu sebesar Rp600.000 per tiga bulan dengan jumlah bantuan per bulan yang didapat senilai Rp200.000.
Uang gratis dari bansos BPNT 2025 disalurkan melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan juga PT Pos Indonesia.
Subsidi bansos BPNT yang cair via KKS sudah lebih dulu disalurkan oleh sejumlah bank penyalur, seperti BNI, BSI, BRI, dan Bank Mandiri.
Sementara itu, pencairan uang bantuan melalui PT Pos mulai dicairkan oleh pemerintah kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Penyaluran Bansos BPNT lewat PT Pos Indonesia
Berdasarkan informasi yang didapat dari kanal YouTube Naura Vlog, saat ini bansos BPNT telah berstatus Standing Instruction (SI) yang berarti bansos mulai cair kepada KPM lewat kantor Pos.
Sebelum bansos dicairkan, KPM yang terdaftar sebagai penerima akan mendapat surat undangan pencairan dana bantuan dari PT Pos.
KPM yang telah menerima surat ini berarti dana bantuannya dari pemerintah telah cair dan bisa segera diambil ke kantor Pos terdekat.
Cara Mencairkan Bansos BPNT dari Kantor Pos
Sedikit berbeda dari cara mencairkan uang gratis bansos pemerintah lewat KKS, untuk mencairkan dana bantuan via kantor Pos, ada beberapa persyaratan yang harus dibawa masyarakat.
Apabila tidak membawa persyaratan ini, maka bisa jadi uang bantuan presiden ini akan gagal dicairkan oleh para KPM.
Berikut sejumlah syarat dokumen yang harus dibawa untuk mencairkan dana bansos BPNT 2025 di kantor Pos.
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2. Kartu Keluarga (KK)
3. Surat undangan pencairan dana bantuan
Pastikan untuk membawa ketiga dokumen di atas ketika hendak mencairkan dana bantuan dari pemerintah di PT Pos,
Cara Cek Status Penyaluran Bansos
Perlu diketahui bahwa BPNT diberikan kepada para pemilik NIK KTP yang sudah terdata di Data Tunggal Sosial Ekonomi (DTSE) dan sudah terverifikasi jadi penerima bansos.
Jika nama dan NIK KTP Anda tidak tercatat sebagai penerima, maka Anda tidak akan mendapatkan subsidi uang gratis dari pemerintah.
Bagi masyarakat yang mau melihat status penyaluran dan kepesertaan bansos, dapat segera mengakses situs resmi cekbansos.kemensos. Berikut panduan lengkap yaang dapat diikuti.
- Buka browser di perangkat
- Kunjungi situs resmi cekbansos.kemensos.go.id
- Pilih lokasi tempat mu berada, mulai dari Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, hingga desa atau kelurahan
- Isi nama penerima manfaat
- Masukkan empat digit kode yang tersedia di sana
- Klik "Cari Data"
- Situs akan menampilkan informasi apakah nama mu tercatat sebagai penerima bansos
Nah, itu dia informasi mengenai cara mencairkan saldo dana bansos BPNT dari pemerintah di PT Pos.