POSKOTA.CO.ID - Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap 2 tahun 2024 merupakan bagian penting dalam proses rekrutmen aparatur sipil negara (ASN).
Setelah hasil seleksi diumumkan, peserta yang merasa terdapat ketidaksesuaian atau kekeliruan dalam penilaian dapat mengajukan sanggahan.
Hasil seleksi PPPK 2024 tahap 2 diumumkan pada 4 Februari 2025, dan peserta yang tidak lolos diberikan kesempatan untuk mengajukan sanggah mulai 19 Februari 2025.
PPPK sendiri merupakan ASN dengan masa kerja tertentu, yang memiliki sistem gaji dan tunjangan berbeda dari Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Rekrutmen PPPK 2024 dibuka dalam dua tahap, yaitu:
- Tahap 1: Pendaftaran berlangsung pada 1-20 Oktober 2024
- Tahap 2: Pendaftaran dibuka pada 16-20 Januari 2025
Pengumuman hasil seleksi tahap 2 dapat dilihat hingga 18 Februari 2025. Berikut adalah tata cara pengajuan sanggah bagi peserta yang merasa perlu melakukan koreksi terhadap hasil seleksi.
Langkah-langkah Mengajukan Sanggah PPPK 2024 Tahap 2
Pelamar yang ingin mengajukan sanggah dapat melakukannya melalui portal resmi SSCASN dengan langkah-langkah berikut:
- Kunjungi situs SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id/
- Login ke akun SSCASN menggunakan NIK dan Password
- Periksa hasil seleksi di menu "Resume Pendaftaran"
- Klik tombol "Ajukan Sanggah" di bagian bawah informasi hasil seleksi
- Isi Alasan Sanggah pada formulir sesuai dengan ketentuan yang berlaku
- Centang kotak persetujuan, lalu klik "Akhiri Proses Sanggah"
- Muncul peringatan konfirmasi, jika yakin, pilih "Iya"
- Notifikasi "Pengajuan Sanggah Berhasil" akan muncul setelah proses selesai
Setelah mengajukan sanggah, peserta dapat me-refresh halaman resume. Sistem akan menampilkan status bahwa peserta telah mengajukan sanggahan dan perlu menunggu jawaban dari instansi terkait.
Jadwal Masa Sanggah dan Tahapan Seleksi PPPK 2024 Tahap 2
Berdasarkan Surat Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 55/B-KS.04.01/SD/K/2025 tentang Penyesuaian Jadwal Seleksi PPPK Tahun 2024 Tahap II, berikut adalah jadwal lengkapnya:
Baca Juga: Cara Cek Pengumuman Administrasi PPPK 2024 Tahap 2 Kemenkumham
- Pengumuman hasil seleksi administrasi: 4-18 Februari 2025
- Masa sanggah: 19-21 Februari 2025
- Jawaban sanggah dari instansi: 20-27 Februari 2025
- Pengumuman hasil pasca-sanggah: 22-28 Februari 2025
- Penarikan data final: 1-7 Maret 2025
- Pemetaan lokasi ujian seleksi kompetensi: 8-23 Maret 2025
- Penjadwalan seleksi kompetensi: 24 Maret-8 April 2025
- Pengumuman peserta, waktu, dan lokasi ujian kompetensi: 9-16 April 2025
- Pelaksanaan seleksi kompetensi: 17 April-16 Mei 2025
- Pengolahan nilai seleksi kompetensi: 22 April-21 Mei 2025
- Pengumuman hasil kelulusan: 22-31 Mei 2025
- Seleksi kompetensi teknis tambahan: 25 April-17 Mei 2025
- Integrasi nilai seleksi kompetensi dan teknis tambahan: 30 April-22 Mei 2025
- Pengumuman akhir hasil seleksi: 22-31 Mei 2025
- Pengisian Daftar Riwayat Hidup (DRH) NI PPPK: 1-30 Juni 2025
- Pengajuan usul penetapan NI PPPK: 1-31 Juli 2025
Dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, peserta dapat memastikan bahwa proses sanggah berlangsung dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.