Adapun bagi masyarakat yang juga ingin melamar kerja pada Rekrutmen BUMN 2025 ini, pastikan Anda telah mempersiapkan diri dimana ada serangkaian prosedur yang wajib diikuti.
Syarat Pelamar Rekrutmen BUMN
Langkah pertama untuk mengikuti rekrutmen ini adalah mendaftar atau registrasi. Nantinya untuk mengikuti seleksi, Anda harus membuat akun melalui link pendaftarannya.
Adapun pembuatan akun ini memerlukan beberapa dokumen penting yang akan diunggah sebagai berkas administrasi, diantaranya:
- Foto scan KTP format JPG atau PNG.
- Ijazah atau Surat Keterangan Lulus.
- Transkrip Nilai atau Nilai Ujian Sekolah.
- Dokumen SKCK (bagi posisi yang membutuhkannya).
- Surat rekomendasi (jika ada).
- Dokumen tambahan seperti sertifikat pelatihan, sertifikat kemampuan bahasa asing, dan sertifikat lain yang relevan dengan posisi yang dilamar.
Selain itu pelamar juga harus memenuhi kriteria yang sudah ditentukan, diantaranya syarat pelamar Rekrutmen BUMN ini antara lain:
- WNI atau Warga Negara Indonesia
- Memenuhi batas usia maksimal sesuai dengan tingkat pendidikan masing-masing: yaitu SMA/Sederajat (25 tahun), D3 (27 tahun), S1 dan D4 (30 tahun), S2 (35 tahun).
- Memiliki IPK minimal 3.00 untuk jenjang D3 dan S1, serta minimal 3.25 untuk jenjang S2.
- Bagi lulusan SMA/Sederajat, nilai rata-rata Ujian Sekolah harus minimal 75.
- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
- Sehat jasmani, rohani, dan bebas dari narkoba.
Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2025
Meski pendaftarannya baru dibuka bulan depan, tata cara melamar kerja pada proses seleksi ini akan sama seperti sebelumnya. Supaya lebih jelas, bisa cek berikut ini cara daftarnya:
- Akses situs resmi Rekrutmen Bersama BUMN.
- Buat akun dengan menggunakan email yang masih aktif dan kata sandi yang aman.
- Isi data diri Anda dengan lengkap dan unggah dokumen-dokumen yang diperlukan.
- Pilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahlian yang Anda miliki.
- Pastikan semua informasi yang Anda masukkan sudah benar dan akurat.
- Kirim formulir pendaftaran Anda dan simpan bukti registrasi sebagai tanda bukti keikutsertaan Anda dalam proses seleksi.
Nantinya setelah berhasil mendaftar, akan dilakukan seleksi administrasi untuk mentukan siapa saja yang lolos untuk masuk ke tahap berikutnya.
Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN
Adapun untuk beberapa tahapan pada proses rekrutmen BUMN ini penjelasan lengkapnya sebagai berikut:
1. Registrasi Online dan Seleksi Administrasi
Pelamar melakukan pedaftaran secara online, buat akun dan lengkapi data diri seperti seperti KTP, ijazah, dan CV. Kemudian unggah berkas kelengkapan dokumen persyaratan yang diperlukan, nantinya akan dilakukan seleksi administrasi untuk penentuan lolos ke tahap berikutnya atau tidak.
2. Tes Online Tahap 1
Setelah hasil seleksi administrasi keluar, pelamar lulusan D3 hingga S2 mengikuti jadwal tes online tahap 1 yang mencakup Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Akhlak (TA). Sementara pelamar lulusan SMA/sederajat hanya mengikuti TKD.