Setelah Musdes selesai, pihak desa akan melakukan verifikasi data lapangan.
Verifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa data yang diserahkan sesuai dengan kenyataan di lapangan.
Pihak desa akan melakukan pengecekan langsung terhadap calon penerima bansos.
Proses verifikasi ini sangat penting, karena akan menjadi penentu apakah data calon penerima pansos bisa dilanjutkan ke Dinas Sosial.
5. Pelaporan ke Dinas Sosial
Setelah hasil verifikasi data lapangan disepakati, data akan dilaporkan ke Dinas Sosial untuk proses selanjutnya.
Dinas Sosial akan memeriksa ulang data tersebut untuk memastikan kevalidannya.
Jika data sudah dianggap valid, Dinas Sosial akan melaporkan ke Bupati atau Walikota setempat.
6. Pendaftaran ke Kementerian Sosial
Setelah proses pelaporan selesai, data calon penerima bansos akan diserahkan ke Kementerian Sosial (Kemensos).
Di sana, data akan dimasukkan ke dalam DTKS.
Jika data sudah terdaftar, calon penerima bansos akan mendapatkan pemberitahuan.
7. Cek Status Penerimaan Bansos
Setelah terdaftar, Anda dapat memeriksa status penerimaan bansos melalui website resmi Kemensos di https://cekbansos.kemensos.go.id.