Berikut ini beberapa cara yang dapat dicoba oleh nasabah apabila kartunya tertelan di mesin ATM.
1. Jangan Panik
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ketika mengetahui jika kartu ATM tertelan di mesin maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah tidak boleh panik.
Pasalnya jika kamu panik dan tidak bisa tenang, itu malah akan membuat kamu melakukan lebih banyak kesalahan yang tanpa sengaja membuat kartu semakin sulit keluar.
Jadi, cobalah untuk tetap tenang dan lihat apakah ada informasi di layar mesin ATM yang bisa membantu mu untuk mengeluarkan kartu tersebut.
2. Buat Laporan ke Call Center Bank
Langkah selanjutnya yang harus dilakukan saat kartu ATM Anda tertelan di dalam mesin, yaitu melaporkannya ke pihak bank yang bersangkutan melalui call center nya.
Pastikan nomor call center bank yang dihubungi adalah nomor resmi. Anda bisa melihat nomor call center di website resmi bank atau akun media sosialnya.
Usahakan untuk melaporkan kejadian ini kepada pihak bank tidak lebih dari 1x24 jam agar pemblokiran kartu ATM Anda bisa segera dilakukan.
Sebab, jika laporan dibuat lebih dari 1x24 jam dan dalam rentang waktu tersebut terjadi transaksi menggunakan kartu itu, maka hal tersebut bukanlah tanggung jawab pihak bank.
3. Lakukan Pemblokiran Mandiri
Selain membuat laporan kepada pihak bank, Anda juga bisa melakukan pemblokiran secara mandiri lewat aplikasi mobile banking setiap bank.
Apabila Anda adalah nasabah BCA, maka Anda bisa menggunakan aplikasi BCA Mobile. Namun, jika Anda adalah nasabah bank Mandiri, maka aplikasi yang digunakan adalah Livin' by Mandiri,
4. Catat Alamat dan Mesin ATM
Pastikan juga untuk mencatat alamat tempat mesin ATM berada, waktu kejadian, dan nomor mesin ATM yang digunakan. Ini diperlukan agar pihak bank bisa
5. Buat Surat Kehilangan
Membuat surat kehilangan ke pihak berwajib juga perlu Anda lakukan apabila pihak bak terkait memintanya.