Sudah Menghapus File atau Aplikasi Namun Tetap Kembali Muncul? Berikut Cara Mengatasi Permasalahannya!

Kamis 30 Jan 2025, 18:02 WIB
Cara mengatasi permasalahan file atau aplikasi yang kembali walau sudah dihapus (Sumber: Pinterest/Byte Bite Bit)

Cara mengatasi permasalahan file atau aplikasi yang kembali walau sudah dihapus (Sumber: Pinterest/Byte Bite Bit)

Malware sering menjadi penyebab masalah ini. Gunakan Windows Security atau antivirus tepercaya:

  • Buka Windows Security.
  • Pilih Virus & Threat Protection.
  • Pilih Full Scan atau Offline Scan untuk mendeteksi malware yang tersembunyi.

Catatan: Pemindaian penuh bisa memakan waktu hingga 1 jam.

3. Hapus File atau Aplikasi di Safe Mode

Mode Aman (Safe Mode) memungkinkan penghapusan file tanpa gangguan dari aplikasi atau proses lain:

  • Ketik msconfig di menu pencarian Windows dan buka System Configuration.
  • Masuk ke tab Boot, lalu centang Safe Boot dan pilih Minimal.
  • Restart PC, lalu hapus file atau aplikasi yang diinginkan.
  • Kembalikan pengaturan Safe Boot setelah selesai.

4. Jalankan SFC Scan (System File Checker)

SFC memeriksa dan memperbaiki sistem file Windows:

  • Buka Command Prompt (CMD) sebagai administrator.
  • Ketik perintah berikut: sfc /scannow
  • Tunggu hingga proses selesai.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah, Nomor Terakhir Bahannya Mudah Didapat loh

5. Jalankan DISM Scan

DISM memperbaiki citra sistem Windows:

  • Buka CMD sebagai administrator.
  • Masukkan perintah: DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth
  • Tunggu hingga proses selesai.

6. Periksa Apakah Deep Freeze Terinstal

Deep Freeze adalah software yang mengembalikan sistem ke keadaan awal setelah restart. Jika Deep Freeze aktif:

  • Cari aplikasi Deep Freeze di PC Anda.
  • Nonaktifkan atau hapus aplikasi tersebut jika tidak diperlukan.
  • Pastikan untuk mengetahui password jika aplikasi terkunci.

Masalah file dan aplikasi yang kembali muncul setelah dihapus biasanya dapat diatasi dengan langkah-langkah di atas. Pastikan untuk memeriksa apakah perangkat Anda terinfeksi malware atau terinstal aplikasi seperti Deep Freeze. Jangan lupa untuk mematikan sinkronisasi cloud jika layanan tersebut digunakan.

Berita Terkait
News Update