Natal 2024, PLN Sebut Transaksi SPKLU Meningkat Hingga 4,5 Kali Dibanding Tahun Lalu

Kamis 26 Des 2024, 13:17 WIB
General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran (kiri) saat menemui salah seorang pengguna kendaraan listrik yang tengah mengisi daya di SPKLU Rest Area KM 6 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa, 24 Desember 2024. (Poskota/Guruh)

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran (kiri) saat menemui salah seorang pengguna kendaraan listrik yang tengah mengisi daya di SPKLU Rest Area KM 6 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa, 24 Desember 2024. (Poskota/Guruh)

POSKOTA.CO.ID - Jumlah transaksi stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) selama libur perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 naik 4,5 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo jumlah transaksi meningkat lantaran penggunaan kendaraan listrik sudah mulai meningkat pula.

“Sampai tadi malam, jumlah transaksi selama momen Natal dan tahun baru, dibanding tahun lalu, meningkat 4,5 kali lipat,” terang Darmawan dalam keterangannya tertulis yang diterima, Kamis 26 Desember 2024.

Ditambahkan Darmawan prediksi pemudik EV yang melintas di sepanjang ruas tol Trans Jawa dan Sumatera melonjak 2,5 hingga 3 kali lipat dibanding periode tahun sebelumnya.

Dengan lonjakan tersebut membuat pihaknya mengantisipasi. Salahsatunya dengan kapasitas SPKLU PLN yang berada di sepanjang ruas tol telah ditingkatkan sebanyak 8 kali lipat dibandingkan tahun lalu dari hanya 64 unit menjadi 500 unit.

“Kami melihat, lonjakan jumlah transaksi pengisian di SPKLU kami meningkat drastis, Nah, untuk itu, kami di sini memastikan semua sistem public charging SPKLU kami bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

Menurut Darmawan tak hanya di sepanjang ruas tol, PLN juga telah meningkatkan jumlah SPKLU secara nasional, dari sekitar 1.000 unit pada tahun lalu menjadi lebih dari 3.069 unit yang tersebar di 2.096 titik di seluruh Indonesia.

Untuk mendukung operasional tersebut, di momen Nataru ini akan ada 6 ribu personel siaga selama 24 jam nonstop di seluruh lokasi SPKLU.

”Kami juga mengerahkan 6 ribu petugas kami untuk mengawal agar pelayanan charging untuk kendaraan listrik bisa berjalan dengan lancar dan nyaman,” tegas Darmawan.

Guna meningkatan pelayanan, PLN pun menyediakan fitur Trip Planner melalui aplikasi PLN Mobile. Dengan Fitur ini memiliki tujun agar memudahkan pengguna mobil listrik merencanakan perjalanan mereka dengan informasi lokasi SPKLU, jarak tempuh, dan kebutuhan pengisian daya.

"Dari awal sampai destinasi akhir, pengendara akan dimudahkan untuk mengetahui lokasi-lokasi SPKLU itu berada dan bisa merencanakan dari awal di mana melakukan charging,” terang Darmawan.

 

 

 

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari. 

Berita Terkait
News Update