POSKOTA.CO.ID - Status penerimaan dana bansos PKH atau BPNT memiliki keterangan gagal transfer ke KKS bank himbara? Ini penyebab dan cara mengatasinya.
Sebelum pencairan bantuan PKH dan BPNT lewat PT Pos Indonesia, sudah dilakukan penyaluran dana 2 bansos tersebut ke KKS bank himbara.
Sampai saat ini, pencairannya masih berlangsung hingga akhir Desember 2024. Maka dari itu, bagi yang belum menerimanya, selalu cek rekening secara berkala.
Namun, ada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang keterangannya gagal transfer. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?
Pengertian PKH dan BPNT
Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bansos reguler dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk masyarakat miskin.
Adanya program bantuan ini untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat miskin. Pangan pokok dari BPNT dan pendidikan serta kesehatan dari PKH.
Bentuk bansos PKH dan BPNT adalah uang tunai yang besaran dananya berbeda-beda. Kalau PKH tergantung dari komponen, sementara dana BPNT sebesar Rp200.000 per bulan.
Untuk bisa menerima bansos tersebut, harus terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Kemudian mengajukan diri lewat kantor kelurahan/desa atau di aplikasi Cek Bansos.
Penyalurannya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) bank himbara yang terdiri dari BNI, BRI, BSI (khusus Aceh), dan Bank Mandiri.
Penyebab Dana Bansos PKH atau BPNT Gagal Transfer ke KKS
Berdasarkan dari kanal Youtube bernama Pendamping Sosial, penyebab adanya keterangan gagal transfer adalah adanya perbedaan data antara perbankan dengan yang terdaftar di dukcapil.
Dengan begitu, pada saat melakukan transfer dana bansos, terjadi trouble atau gagal transfer. Berikut untuk mengatasinya.