Gampang Banget Begini Cara Bikin Chatbot WhatsApp

Senin 16 Des 2024, 13:25 WIB
Cara membuat Chatbot WhatsApp dengan mudah. (Pinterest)

Cara membuat Chatbot WhatsApp dengan mudah. (Pinterest)

POSKOTA.CO.ID - Chatbot Whatsapp saat ini tengah dicari banyak pengguna karena mempermudah mereka dalam sistem pelayanan. Cek caranya di sini

Dalam beberapa tahun terakhir, chatbot telah mengambil peranan besar di dunia digital khususnya bagi penjualan atau bisnis.

Kendati demikian Chatbot terus melakukan pembaharuan untuk berinteraksi lebih baik kepada customer dan memberi pengalaman customer support yang lebih baik.

Salah satu aplikasi terbaik yang menawarkan Chatbot ialah WhatsApp, dengan begitu bisa memperluas platform mereka untuk menawarkannya. 

Artikel ini akan membahas terkait cara membuat Chatbot di WhatsApp jadi simak baik-baik yah.

Berikut ini cara mudah membuat Chatbot di WhatsApp
 
1. Unduh Aplikasi WhatsApp Business 

Pertama, Anda bisa mengunduh aplikasi WhatsApp Business di toko aplikasi. Penggunaan WhatsApp Business lebih direkomendasikan jika Anda ingin terhubung dengan pelanggan melalui WhatsApp.

WhatsApp Business memiliki beberapa fitur yang tidak ada di WhatsApp biasa, seperti katalog, mengatur profil bisnis yang mencakup kategori, nama, jam operasional, bahkan chatbot atau balasan otomatis.

2. Tentukan Profil WhatsApp Business Anda

Ada dua jenis akun profil WhatsApp Business yang bisa dipilih, yaitu akun biasa dan akun resmi. Anda bisa menggunakan akun biasa apabila bisnis masih baru merintis atau belum memiliki banyak pelanggan.

Hal yang paling penting adalah Anda perlu menggunakan WhatsApp Business agar lebih mudah saat berkomunikasi dengan pelanggan.

Mungkin Anda pernah melihat akun WhatsApp Bisnis yang dilengkapi dengan fitur centang hijau di sebelah nama bisnis.

Fitur tersebut terdapat pada akun resmi yang menggunakan WhatsApp Business Platform yang berbeda dari WhatsApp Business di toko aplikasi.

3. Buat Profil Bisnis

Setelah menentukan jenis akun, barulah Anda bisa membuat profil bisnis. Masukkan informasi berupa nama bisnis, jam operasional, kategori bisnis, foto profil, dan sebagainya.

Anda pun bisa menambahkan katalog agar pelanggan bisa melihat produk yang dijual. Katalog juga dilengkapi dengan ikon keranjang belanja yang berfungsi sebagai check-out sehingga pelanggan tidak perlu lagi mengetik daftar pesanannya.

4. Buat Balasan atau Pesan Otomatis Terakhir

Anda hanya perlu menggunakan fitur chatbot dari WhatsApp Business. Caranya sederhana, cukup ketikkan beberapa pesan atau respon untuk melayani pelanggan, mulai dari sapaan, proses jual-beli, hingga respon ketika sedang offline. 

Nantinya, pesan tersebut akan terkirim secara otomatis ketika ada pelanggan yang mengirim pesan ke akun bisnis Anda.

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News  dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota  agar tak ketinggalan update berita setiap hari.

Berita Terkait
News Update