POSKOTA.CO.ID - Berikut cara buat daftar isi otomatis di Google Docs dengan beberapa langkah mudah agar mendapatkan keuntungan.
Tentunya bagi Anda yang saat ini dihadapkan dengan tugas akhir atau membuat makalah pastinya sangat memerlukan daftar isi agar menjadi lebih rapih.
Hal ini tentu bisa dilakukan secara otomatis dengan beberapa cara agar bisa mendapat keuntungan terkait waktu yang tidak terbuang sia-sia.
Keuntungan Membuat Daftar Isi Otomatis
Berikut keuntungan membuat daftar isi otomatis
1. Mudah Menavigasi Dokumen
Daftar isi otomatis memudahkan pembaca untuk menemukan bagian tertentu dalam dokumen tanpa perlu menggulir panjang lebar.
2. Memperbarui Secara Otomatis
Setiap kali Anda menambahkan atau mengubah heading, daftar isi akan diperbarui tanpa perlu membuatnya ulang.
3. Tampilan Lebih Profesional
Daftar isi otomatis memberi kesan dokumen Anda lebih terstruktur dan rapi.
4. Menghemat Waktu
Anda tidak perlu lagi membuat daftar isi secara manual, yang dapat memakan waktu dan rentan terjadi kesalahan.
Cara Buat Daftar Isi Otomatis di Google Docs
Berikut cara buat daftar isi otomatis di Google docs:
1. Gunakan Gaya Heading
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan dokumen Anda menggunakan gaya heading atau gaya judul.
Google Docs mengandalkan gaya heading untuk mengenali dan menandai bagian-bagian penting dari dokumen, seperti bab atau sub bab.
- Pilih teks yang ingin Anda jadikan sebagai judul atau subjudul.
- Di menu atas, klik Format, pilih Paragraph styles, dan pilih gaya judul yang sesuai seperti Heading 1 untuk bab utama, Heading 2 untuk subbab, dan seterusnya.
- Anda juga bisa mengubah ukuran font, warna, atau jenis font sesuai keinginan Anda, tetapi pastikan gaya heading tetap digunakan.