Tips Menerapkan Sales Automation untuk Pertumbuhan Bisnis Lebih Cepat

Selasa 26 Nov 2024, 14:52 WIB
Ilustrasi CRM Tips Menerapkan Sales Automation untuk Pertumbuhan Bisnis Lebih Cepat. (Freepik/Pikisuperstar)

Ilustrasi CRM Tips Menerapkan Sales Automation untuk Pertumbuhan Bisnis Lebih Cepat. (Freepik/Pikisuperstar)

POSKOTA.CO.ID - Semua pemilik bisnis pasti menginginkan pertumbuhan bisnis yang pesat dan bermanfaat. Namun, tak banyak yang memikirkan secara matang, bagaimana menyusun strategi yang tepat agar bisnis mampu bersaing di tengah kompetisi pasar yang ketat. Menerapkan sales automation tools hanyalah satu dari banyaknya strategi yang bisa digunakan untuk memancing pertumbuhan bisnis. 

Tips Efektif Menerapkan Sales Automation untuk Bisnis

Berikut ini tips efektif dalam menerapkan sales automation ke dalam aktivitas bisnis.
Memanfaatkan CRM dan teknologi integrasi data

Tidak lengkap rasanya jika sales automation tools tidak dikombinasikan dengan CRM. Meski fungsi CRM fokus pada pengelolaan hubungan pelanggan, nyatanya alat ini mampu mendukung aktivitas penjualan maupun pemasaran dalam bisnis. Dengan mengintegrasikan CRM, bisnis dapat mengolah data pelanggan dan mengubah gaya interaksi yang lebih berkualitas.

Sebagai alat pendukung automation, CRM dapat melakukan tugas-tugas penjualan seperti:
●    Manajemen leads: Secara otomatis menangkap lead dari berbagai platform dan secara otomatis menyimpannya dalam pipeline penjualan, menjadi tempat penyimpanan yang terorganisir dan terstruktur. 
●    Manajemen data: Menyatukan keseluruhan data pelanggan seperti riwayat pembelian maupun interaksi untuk memudahkan tim mengakses data yang sama.
●    Prediksi penjualan: Menganalisis data yang masuk dan menjadikannya sebagai referensi untuk memprediksi pendapatan serta tren penjualan. 

Melatih tim untuk memanfaatkan sales automation secara efektif

Kunci agar sales automation tool bekerja dengan efektif adalah  mengoptimalkan sumber daya manusia yang memanfaatkannya. Apalagi kebanyakan dari alat ini berbayar, sehingga bisnis harus melatih tim penjualan untuk menggunakan fitur-fitur dalam aplikasi secara optimal. 

Untuk meningkatkan efektivitas kerja tim dalam menggunakan sales automation tools, perhatikan dua hal ini:
●    Fokus pada manfaat praktis: Jelaskan bagaimana otomatisasi dapat mengurangi beban kerja tim dan meningkatkan produktivitas, sehingga mereka lebih termotivasi untuk belajar dan menggunakan platform.
●    Sesuaikan pelatihan: Susun materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan spesifik tim, siapkan dukungan yang dapat menuntun mereka menggunakan fitur otomatis secara optimal.
Memantau dan mengukur kinerja automation tools dengan rutin
Memantau dan mengukur kinerja alat secara rutin berguna untuk memastikan bahwa otomatisasi bekerja dengan efektif dalam memenuhi target yang diharapkan. Dalam mengukur bisnis dapat menggunakan metode seperti:
●    Pengukuran kuantitatif: menggunakan matrik dalam bentuk angka seperti jumlah prospek yang dihasilkan, tingkat konversi, dan waktu siklus penjualan untuk mengukur kinerja alat otomatisasi.
●    Pengukuran kualitatif: melakukan pengukuran secara subjektif seperti survei kepuasan pelanggan dan umpan balik dari tim penjualan terkait penggunaan alat otomatisasi.
●    Benchmarking: membandingkan alat otomatisasi dengan standar industri atau kompetitor untuk mengidentifikasi bagian fitur yang memerlukan penyesuaian.

Melakukan penyesuaian berdasarkan feedback pelanggan

Setiap saran, kritik, dan masukan dari pelanggan adalah faktor eksternal yang berperan terhadap pertumbuhan bisnis. Ketika pelanggan menyampaikan pendapatnya, mereka tidak hanya memberitahu apa yang mereka tidak sukai, tetapi juga memberikan kesempatan kepada bisnis untuk menjadi lebih baik. Proses ini dimulai dengan mendengarkan secara aktif, mengumpulkan data, dan menganalisis informasi yang diberikan dengan cermat. 

Tim harus bekerja sama untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perubahan dan mengembangkan solusi yang inovatif. Implementasi perubahan harus dilakukan dengan hati-hati, memastikan bahwa setiap langkah diambil dengan mempertimbangkan dampak jangka panjang terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas merek. 

Berita Terkait
News Update