Kolaborasi Finnet X Alfamart Wujudkan Pembayaran Penerimaan Negara hingga ke Pelosok Negeri

Jumat 22 Nov 2024, 10:32 WIB
Direktur Marketing Alfamart Ryan Alfons Kaloh  (kiri), Direktur Enterprise Business Finnet Aziz Sidqi (tengah), dan Kepala Seksi Pengelolaan Rekening Penerimaan, Direktorat Pengelolaan Kas Negara, Hatta Hasanudin (kanan) dalam acara launching layanan pembayaran MPN yang berlangsung di toko Alfamart Drive Thru Alam Sutera pada Kamis, 21 November 2024. (Dok. Finnet)

Direktur Marketing Alfamart Ryan Alfons Kaloh  (kiri), Direktur Enterprise Business Finnet Aziz Sidqi (tengah), dan Kepala Seksi Pengelolaan Rekening Penerimaan, Direktorat Pengelolaan Kas Negara, Hatta Hasanudin (kanan) dalam acara launching layanan pembayaran MPN yang berlangsung di toko Alfamart Drive Thru Alam Sutera pada Kamis, 21 November 2024. (Dok. Finnet)

POSKOTA.CO.ID - Membangun ekosistem pembayaran digital di Indonesia memerlukan kolaborasi dari Pemerintah dan stakeholders terkait. Salah satu upaya tersebut dilakukan PT Finnet Indonesia (Finnet) berkolaborasi dengan PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) dengan merilis layanan pembayaran MPN

Fintech Industri dan Modern Channel PT Finnet Indonesia (Finnet) yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai penyelenggara sistem pembayaran digital di Indonesia.

Kegiatan launching berlangsung di toko Alfamart Drive Thru Alam Sutera dan di hadiri Direktur Enterprise Business Finnet Aziz Sidqi, Direktur Marketing Alfamart Ryan Alfons Kaloh, Kepala Seksi Pengelolaan Rekening Penerimaan Kementerian Keuangan Hatta Hasanudin, serta jajaran Finnet, Alfamart, dan Kemenkeu.

Modul Penerimaan Negara (MPN) memuat serangkaian prosedur penyetoran, pengumpulan data, dan pelaporan penerimaan negara dalam bentuk sistem yang terintegrasi. Transaksi Penerimaan Negara yang dapat dilakukan melalui MPN, yaitu pembuatan dan pembayaran billing, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Pajak, dan Bea Cukai.

“Kami ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya dan juga turut memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Finnet, kami senang bisa bekerja sama dengan Finnet yang merupakan bagian dari Telkom. Dengan seluruh lisensi yang Finnet miliki sudah terbukti dan menjadi yang paling handal saat ini bagi Alfamart,” jelas Direktur Marketing Alfamart Ryan Alfons Kaloh, dikutip Jumat 22 November 2024.

“Dalam kehadiran Alfamart di sekitar 20.000 toko yang tersebar di Aceh sampai Papua dan terus bertambah, Kami harapkan Alfamart serta dukungan kolaborasi dari Finnet mampu memberikan fasilitas layanan kepada Masyarakat umum untuk dapat melakukan pembayaran dengan lebih cepat dan lebih mudah sampai ke pelosok negeri,”  tambahnya.

Direktur Enterprise Business Finnet Aziz Sidqi mengatakan bahwa sebagai bagian dari Telkom Indonesia (Telkom) dan Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia (YKKBI), Finnet berkomitmen untuk membangun ekosistem pembayaran digital di Indonesia. Dalam menjalankan bisnisnya, Finnet tetap dalam koridor yang diatur oleh Bank Indonesia sebagai regulator.

“Sebagai perusahaan yang lahir dari Bapak Telkom dan Ibu Bank Indonesia di tahun 2006, menjadikan Finnet perusahaan yang sangat merah putih, yang berkomitmen membangun ekosistem pembayaran digital di Indonesia,” jelas Aziz. 

Pada 2018, Finnet dipercaya menjadi Lembaga Persepsi Lainnya (LPL) selain Bank dan POS. Dengan kepercayaan tersebut membuat Finnet dapat bersinergi dengan Pemerintah mendukung program yang telah dicanangkan demi meningkatkan penerimaan keuangan negara. 

“Dengan ditunjuknya Finnet sebagai LPL membuka peluang kami untuk berkontribusi bagi negeri dalam rangka memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran baik pajak maupun bukan pajak yang pada akhirnya berimbas pada peningkatan pendapatan negara,” tambahnya. 

"Setelah sekian lama kami berkolaborasi dengan Alfamart, pada hari ini kami menambah kolaborasi yang tidak hanya menambah manfaat bagi Alfamart dan Finnet tapi insya Allah akan menambah manfaat bagi bangsa kita tercinta," tutup Aziz.

News Update