POSKOTA.CO.ID - Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial, wjib segera melakukan transaksi dengan menarik dana bansos yang ada di rekening KKS (Kartu Keluarga Sejahtera).
Mengapa hal ini sangat penting? Pasalnya, bank Himbara yang menyalurkan bantuan akan memantau setiap transaksi KPM.
Jika dana bansos tidak digunakan, informasi ini akan diteruskan kepada pendamping sosial untuk ditindaklanjuti.
Pendamping akan diminta melakukan evaluasi terhadap penyebab KPM belum bertransaksi.
Pendamping sosial memiliki tanggung jawab memastikan kondisi setiap KPM.
Jika semua data menunjukkan kesesuaian, langkah selanjutnya adalah menentukan alasan utama mengapa KPM belum mencarikan dana bansos di rekening KKS mereka.
Berdasarkan kategori, alasan tersebut dapat memengaruhi status kelanjutan penerimaan bantuan sosial.
Alasan KPM Tidak Segera Menarik Dana Bansos di Rekening KKS
Melansir dari Kanal Youtube Pendamping Bansos, berikut adalah beberapa kategori yang umum ditemukan:
1. Tidak Tahu atau Belum Menerima Informasi
Beberapa KPM mungkin belum mengetahui bahwa bantuan sosial sudah masuk ke rekening mereka. Kurangnya informasi ini sering menjadi alasan utama.
2. Kondisi Geografis