Berapa Lama Menunggu Email Aktivasi Setelah Daftar di Aplikasi Cek Bansos? Ini Penjelasannya

Sabtu 16 Nov 2024, 22:45 WIB
Pengajuan KPM di aplikasi Cek Bansos terkadang menemui kendala. (kemensos)

Pengajuan KPM di aplikasi Cek Bansos terkadang menemui kendala. (kemensos)

POSKOTA.CO.ID - Calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial dari Pemerintah, dapat melakukan pengajuan secara online melalui aplikasi Cek Bansos.

Jenis bansos yang pendaftarannya bisa dilakuan secara online adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Salah satu kendala yang sering ditemui adalah lamanya proses aktivasi akun dan verifikasi data pada aplikasi Cek Bansos. 

Masalah seperti tidak menerima email aktivasi, kesalahan sistem, hingga respon yang lambat dari Dinas Sosial kerap membuat banyak calon KPM bingung dan resah.

Berapa Lama Menunggu Email Aktivasi Setelah Daftar di Aplikasi Cek Bansos?

Melansir dari kanal Youtube Karin Vebrianti Valentin, email aktivasi biasanya akan diterima dalam waktu paling cepat 14 hari, tetapi dalam beberapa kasus bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan bahkan 1 tahun.

Jika email aktivasi tak kunjung diterima, cobalah untuk:

  • Sabar menunggu.
  • Membuat akun baru dengan identitas anggota keluarga lain yang masih satu Kartu Keluarga (KK). Misalnya, jika Anda sudah mendaftar atas nama sendiri namun tidak ada respon, cobalah daftar dengan data atas nama suami Anda.

Berapa Lama Menunggu Respon Dinsos Setelah Upload Usulan?

Setelah aktivasi dan mengunggah usulan melalui aplikasi, respon dari Dinas Sosial (Dinsos) biasanya membutuhkan waktu:

  • Paling cepat 1 bulan.
  • Dalam waktu tersebut, petugas Dinsos biasanya akan mendatangi rumah Anda untuk melakukan verifikasi data.

Namun, jika sudah berbulan-bulan atau bahkan 1 tahun tidak ada tindak lanjut dari Dinsos, Anda bisa langsung melapor ke kantor Dinsos setempat. 

Bawa bukti bahwa Anda sudah mengajukan usulan melalui aplikasi Cek Bansos. Data Anda akan diteruskan ke Dinsos sesuai wilayah tempat tinggal Anda.

Jika Sudah Daftar Online, Apakah Harus Daftar Ulang ke Desa?

Jika Anda sudah mendaftar secara online, tidak perlu lagi mendaftar ulang ke kantor desa. Data Anda sudah otomatis masuk ke sistem Dinsos. 

Namun, jika tidak ada respon dalam waktu lama, Anda bisa melakukan konfirmasi langsung ke perangkat desa.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Aplikasi Error?

Aplikasi Cek Bansos sering mengalami error karena beberapa alasan:

  • Tingginya jumlah pengguna yang mengakses aplikasi secara bersamaan.
  • Sistem aplikasi masih dalam proses perbaikan.

Berita Terkait

News Update