Cek bahwa URL situs dimulai dengan "https://" dan ada ikon gembok di sebelah URL yang menunjukkan bahwa koneksi terenkripsi.
4. Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Terkena Phishing?
Jika Anda telah menjadi korban phishing dan sudah memberikan informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor rekening bank, atau kata sandi, berikut adalah langkah-langkah yang perlu segera dilakukan:
Ganti Kata Sandi: Ubah kata sandi untuk akun yang mungkin telah terkena dampak.
Jika Anda menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun, ubah kata sandi untuk akun-akun lainnya juga.
Hubungi Layanan Keuangan Anda: Jika Anda memberikan informasi kartu kredit atau nomor rekening, hubungi bank atau lembaga keuangan Anda untuk melaporkan aktivitas mencurigakan dan membekukan akun Anda.
Laporkan Keberadaan Penipuan: Laporkan kejadian ini kepada pihak berwenang, seperti lembaga perlindungan konsumen atau polisi siber, untuk melacak dan mencegah potensi kerugian lebih lanjut.
Cek Aktivitas Akun Anda: Periksa secara rutin riwayat transaksi atau log akun untuk melihat jika ada aktivitas yang tidak sah.
Itulah cara untuk mengatasi email phishing yang perlu diwaspadai. (*)
Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.