7 Penyebab Insentif Saldo DANA Gratis dari Kartu Prakerja Tidak Cair ke Dompet Elektronik, Cek di Sini

Sabtu 02 Nov 2024, 12:00 WIB
7 faktor insentif saldo dana gratis dari Kartu Prakerja tidak cair (poskota/faiz)

7 faktor insentif saldo dana gratis dari Kartu Prakerja tidak cair (poskota/faiz)

POSKOTA.CO.ID - Insentif saldo dana gratis dari program Kartu Prakerja senilai Rp700.000 belum cair ke dompet elektronik atau rekening bank Anda? Simak penyebab keterlambatannya dalam artikel Poskota berikut ini.

Jika Anda mendapati insentif saldo dana dari Kartu Prakerja belum masuk ke rekening dan akun dompet digital Anda, tetaplah tenang.

Biasanya, terdapat beberapa alasan yang menyebabkan penundaan, mulai dari proses verifikasi data hingga kendala teknis yang dapat segera diatasi.

Terkadang, pencairan insentif Prakerja mengalami kendala dan tidak masuk ke rekening bank, baik itu di bank seperti BNI dan BCA, maupun di layanan dompet digital seperti DANA, OVO, LinkAja, dan GoPay.

Di bawah ini terdapat beberapa faktor yang mungkin menjadi alasan mengapa insentif Kartu Prakerja Anda belum cair, meskipun NIK KTP Anda telah terdaftar. 

Berikut adalah beberapa penyebab umum yang mungkin mengakibatkan keterlambatan penerimaan insentif saldo dana Prakerja cair ke rekening dan e-wallet:

Penyebab Insentif Prakerja Belum Cair

1. Belum Menyelesaikan Pelatihan

Peserta baru bisa mendapatkan insentif Prakerja jika telah menyelesaikan pelatihan dan memberikan ulasan. Jika pelatihan belum tuntas atau belum memberikan review yang diminta, pencairan insentif tidak bisa dilakukan.

2. Belum Memberikan Ulasan

Peserta program Kartu Prakerja diharapkan untuk mengisi ulasan di dashboard Prakerja mengenai pelatihan yang telah mereka ikuti, karena hal ini merupakan salah satu syarat penting untuk pencairan insentif.

Tanpa mengisi ulasan tersebut, proses pencairan tidak dapat dilanjutkan, sehingga peserta perlu memastikan bahwa mereka melengkapi langkah ini untuk menerima manfaat dari program.

3. Belum Mengisi Penilaian Pelatihan 

Peserta belum memberikan penilaian atau rating terhadap pelatihan yang telah diselesaikan, yang menyebabkan keterlambatan dalam pencairan insentif.

4. Adanya Masalah pada Rekening atau Akun Dompet Elektronik 

Keterlambatan juga bisa disebabkan oleh mitra pembayaran, seperti bank atau e-wallet yang digunakan untuk mentransfer dana. Ada kalanya mitra tersebut mengalami gangguan sistem atau pemeliharaan, sehingga pembayaran tidak bisa diproses sesuai jadwal.

5. Belum Memperbarui Akun Dompet Elektronik 

Berita Terkait
News Update